Tampilkan di aplikasi

Extraordinary Attorney Woo, pengacara korea pertama penyandang spektrum autisme

Tabloid NOVA - Edisi 1797
29 Juli 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1797

Mencuri hati penonton, menghadirkan kisah menarik yang membuat orang lain berdecak kagum.

NOVA
"Namaku Woo Young-woo, dibaca dari depan atau belakang, tetap Woo Young-woo. Seperti kata (dalam bahasa Korea) angsa, tomat, Swiss, India, bintang jatuh, Woo Young Woo,” begitu ucap gadis di setiap perkenalannya. Awalnya orang-orang bingung dengan cara dia memperkenalkan diri. Bahkan, tak jarang, perkenalan tersebut diberhentikan sebelum dia menyelesaikan kalimatnya, karena dianggap aneh. Tapi kalau sudah mengenal dekat, sosok tersebut terasa hangat, tulus, jujur, dan sedikit “dingin”.

Dia adalah Woo Young-woo (diperankan Park Eun-bin), karakter utama serial original Netflix, Extraordinary Attorney Woo, asal Korea Selatan yang tengah populer. Youngwoo digambarkan sebagai gadis unik dengan gangguan sprektrum autisme. Sehingga ia kesulitan dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

Namun, siapa sangka, karakter yang dia bawa mampu menyihir penonton untuk hanyut dalam ceritanya. Apalagi, Extraordinary Attorney Woo terasa memberi suguhan berbeda dari drama Korea yang selama ini kita tonton. Tak banyak menyajikan kisah cinta, tapi kental dengan perjuangan Young-woo yang ingin diberi ruang untuk menjadi “sama” dengan manusia lainnya.

Sangat Cerdas. Sedikit spoiler, Young-woo dikisahkan sebagai anak dari ayah tunggal lulusan sekolah hukum. Sedari kecil, pengidap sindrom Asperger ini seakan memiliki dunianya sendiri dan kecintaannya pada dunia paus, yang juga jadi penenangnya saat mulai gelisah. Namun suatu hari, sang ayah kaget bukan kepalang. Dia mendapati kata pertama yang keluar dari mulut anaknya adalah pasal mengenai kekerasan yang dia hapal dari buku hukum miliknya.

Kata tersebut akhirnya membawa Youngwoo menjadi pengacara Korea pertama yang menyandang spektrum autisme. Pasalnya di tengah keterbatasan, Young-woo memiliki kecerdasan di atas rata-rata, yakni 164 dan jadi lulusan terbaik dengan nilai tertinggi di Universitas Nasional Seoul.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI