Tampilkan di aplikasi

Beli perusahaan kopi mulai Rp100 ribuan, gimana caranya?

Tabloid NOVA - Edisi 1804
16 September 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1804

Dengan harga terjangkau, kita bisa jadi salah satu pemilik merek kopi ternama.

NOVA
Pengin beli saham MAPB (1 lot aja) biar enak pas janjian sama orang.
+ Nanti ketemunya di cafe punya gue aja deh gimana?
- Oh lo punya café? Cafe apa?
+ Starbucks.

Begitulah kira-kira yang ditulis Jonathan End, seorang influencer, di akun media sosialnya, soal motivasinya ingin membeli saham MAPB. Perlu diketahui, kedai kopi Starbucks di Indonesia adalah salah satu unit bisnis yang berada dalam naungan PT MAP Boga Adiperkasa (MAPB).

Maka bisa dibilang, kalau kita beli saham MAPB artinya termasuk “membeli” saham Starbucks juga. Jadi kita bisa menjadi salah satu “pemilik” Starbucks karena memegang sahamnya (walaupun kecil). Enggak hanya Starbucks, beberapa merek kopi lain seperti Nescafe juga bisa Anda miliki sahamnya. Jadi, jika Anda penggemar merek kopi tertentu, kenapa tidak sekalian mencoba membeli saham merek kopi tersebut? Yuk, simak bagaimana caranya.

Cara Beli Saham. Pertama, untuk membeli sahamnya dilakukan lewat perusahaan sekuritas. Pilihlah perusahaan sekuritas perusahaan yang sudah terdaftar dan resmi. Salah satu syaratnya adalah wajib sudah diawasi dan diizinkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Beberapa perusahaan sekuritas yang bisa Sahabat NOVA coba adalah Stockbit dan Ajaib sekuritas. Mereka juga hadir dalam bentuk aplikasi. Kita cukup mengunduh, mendaftar, dan membuka rekening saham atau biasa disebut Rekening Dana Nasabah (RDN) di aplikasi.

Kedua, klik pencarian dan cari saham MAPB atau MAP Boga Adiperkasa. Nilai saham bisa naik turun seturut waktu dan hari. Perlu diketahui, umumnya saham seperti saham MAPB minimal pembeliannya adalah 1 lot (100 lembar saham). Misalnya, pada Senin, 12 September 2022, saham MAPB berada pada angka Rp1.550 per lembarnya. Maka, minimal kita mengeluarkan uang Rp155.000 untuk ikut andil memegang saham MAPB, termasuk Starbucks di dalamnya.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI