Tampilkan di aplikasi

Minat anak bukanlah minat orangtua yang tak tercapai

Tabloid NOVA - Edisi 1806
30 September 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1806

Jangan sampai minat dan bakat yang belum dicapai orangtua dipaksakan pada si kecil. Bukannya bahagia, anak malah tersiksa.

NOVA
Siapa, sih, yang enggan memiliki anak yang aktif dan serbabisa? Semua orangtua pasti mendambakannya. Pasalnya, tak bisa dimungkiri orangtua juga memiliki harapan dan mimpi besar untuk masa depan anak mereka. Entah kesuksesan di dunia pendidikan atau untuk kariernya di masa mendatang. Tak jarang pula harapan ini didasarkan pada pengalaman diri orangtua yang tidak berhasil meraih cita-citanya. Kalau anak sudah memiliki bekal kebisaan, kita sebagai orangtua jadi sedikit lebih tenang.

Eh, tapi, memang kemampuan anak bisa didapatkan dengan instan? Tentu tidak, ada campur tangan orangtua yang harus mengarahkan supaya kebisaan yang dimilikinya lebih maksimal. Misalnya seperti Syahnaz Sadiqah, adik Raffi Ahmad yang kini tengah fokus mengembangkan minat dan bakat anak kembarnya, Zayn Sadavir Ezhilan (2) dan Zunaira Alessia Safaraz Ismail (2), yang bertolak belakang.

“Beda banget (pola asuhnya, red.) karena jenis kelaminnya beda. Zunaira sukanya main lebih ke motorik halus seperti mewarnai menggambar, atau stiker. Kalau Zayn kita arahin ke motorik kasar, karena suka memanjat, lari-lari. Memang beda kesukaannya, aku arahin mainnya juga beda,” jelasnya dalam salah satu acara virtual belum lama ini.

Bukan berarti karena anaknya kembar dia memaksakan salah satunya, Syahnaz justru memiliki cara sendiri untuk mengembangkan kemampuan mereka. Tak beda dengan Syahnaz, Ratna K. Rita, ibunda Nabilah Ayu eks JKT48, juga melakukan hal yang sama.

Nabilah yang merupakan anak perempuan satu-satunya dari 3 bersaudara itu tak dia paksakan untuk sama dengan kakak dan adiknya yang lebih condong menyukai mata pelajaran. Ia justru dibebaskan untuk mencoba berbagai bidang seni dengan diikut sertakan les sejak kecil oleh sang ibunda, hingga berhasil terjun ke dunia hiburan di usia 11 tahun. Dan kini, dirinya bahkan sudah mengemban status sarjana hukum dengan gelar cumlaude. Bangga!
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI