Tampilkan di aplikasi

Sesuai tempat, ini cara menyelamatkan diri saat gempa

Tabloid NOVA - Edisi 1815
2 Desember 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1815

Ada baiknya kalau kita mengetahui langkah-langkah penyelamatan diri saat terjadi gempa, sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.

NOVA
Belum lama ini Indonesia kembali berduka, Senin (21/11) pukul 13.21 WIB gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya. Tapi, tahu enggak sih kalau ternyata ancaman bahaya gempa bumi tersebar di hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia? Baik dalam skala kecil hingga dalam skala besar yang merusak.

Alasannya, karena letak Indonesia yang berada dalam garis Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire yang dinilai rawan bencana alam seperti gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun berlangsung singkat, bencana ini bersifat merusak karena bisa menghancurkan bangunan, jalan, jembatan, dan sebagainya dalam sekejap.

Penyebabnya pun bisa beragam, mulai dari tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas sesar (patahan), hingga aktivitas gunung api. Makanya, jadi penting bagi kita untuk tahu cara menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi. Melansir Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berikut ini hal yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri saat gempa bumi terjadi. Apa saja?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI