Modifikasi Honda Brio 2012, belajar dari pengalaman

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 08/XXVI
14 Juli 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 08/XXVI

Ketertarikan akan dunia modifikasi membuat pemilik Honda Brio beraliran street racing ini tak pernah berhenti belajar. / Foto : Rizky

OTOMOTIF
Karena per tama k ali main modifikasi masih belum ikut komunitas, jadi masih awam dan belum tahu konsep yang jelas,” tutur Anjar Dewantoro, yang sekarang bernaung bersama Honda Brio Community (HBC ). Awalnya hanya tahu ubahan standar tanpa konsep yang jelas. Iseng-iseng ikut kontes, tapi tak pernah membawa pulang piala. Dari beberapa kontes yang diikuti, membuatnya banyak belajar dengan para juri, tentang bagaimana cara agar bisa masuk kriteria penilaian maksimal.

“Setelah banyak bertanya dan belajar dari para juri kontes modifikasi, akhirnya konsep mobil ini mulai jelas dan dipilih aliran street racing,” ungkap pria ramah ini. Setelah konsep yang jelas, ak hirnya dapat membuahk an hasil dengan menang dalam beberapa event kontes. Kesan racing sangat terlihat dari eksterior, seperti penambahan panel karbon di beberapa titik. Pada bagian interior, dengan memasang roll bar 6 titik dan menggunakan jok Bride. Yuk lihat detail yang lainnya.

Mesin, Karena dari awal sudah ditetapkan mengusung konsep racing, mesin pun mendapat sedikit ubahan. Kepala silinder sudah di-porting polish stage 1, agar mendapatkan tenaga yang maksimal dan efisiensi bahan bakar. Tidak hanya itu, upgrade sektor mesin termasuk juga pemasangan piggyback Dastek Q4+. Hasilnya, tenaga total mencapai 128 dk, naik 28 dk dari normalnya yang hanya 100 dk. “Tingkat kesulitan di bagian mesin saat seting ECU dan open filter-nya,” ungkap pria berumur 34 tahun ini. Tetapi setelah dapat settingan yang pas, akselerasi jadi lebih responsif dan bertenaga.

64 Titik Panel karbon, Nuansa racing terlihat dari beberapa panel karbon yang terpasang di bodi, seperti yang terlihat pada kap depan, spion, gril dan side skirt. “Dipasang panel karbon agar lebih kental nuansa racing,” ujar pria berpostur gemuk ini. Selain ada di bagian luar, panel karbon juga terlihat di bagian dalam, seperti pada bagian spidometer.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI