Royal Enfield, continental GT

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 09/XXVI
21 Juli 2016

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 09/XXVI

Langkah panjang 90 mm dan diameter piston 87 mm membuat torsi kuat, klaimnya mencapai 44 Nm. / Foto : Salim

OTOMOTIF
Motor yang diluncurkan tahun 2015 lalu oleh Royal Enfield ini sangat kental nilai historis. Pada 1965, Continental GT pertama kali dirilis dan merengkuh kejayaan sebagai Britain Fastest 250 cc di eranya, dan kini semangat cafe racer-nya dilahirkan kembali. Bedanya, kali ini pakai mesin lebih besar, 535 cc. Setelah melakukan first ride dari London menuju Chichester, tempat berlangsungnya Goodwood Revival tahun lalu, kini saatnya membawa sang Continental GT keliling Jakarta. Seperti apa rasa motor seharga Rp 172 juta ini?

Desain, Ciri khas yang paling sedikit perubahan adalah bentuk tangkinya, hampir persis. Setang merunduk dan buntut tawon jadi pengembangan mengikuti tren. Sedang rangka dan cover bodi samping jelas berbeda. Meski klasik, nuansa modern tetap disematkan seperti aplikasi spion yang lebih kekinian hingga sokbreker belakang bertabung. Fitur & Teknologi, Teknologi klasik yang masih dipertahankan adalah mesin 535 cc 1 silinder berlangkah panjang, tepatnya 90 mm dan diameter piston 87 mm. Sisi terkininya bisa ditemui pada pengabutan bahan bakar injeksi dari Keihin agar lolos lolos uji emisi Euro 3. Uniknya, di panel setang sebelah kiri masih dilengkapi dengan cuk.

Kombinasi klasik dan modern juga bisa dilihat pada panel indikator. Spidometer dan takometer yang masih analog, namun di bawahnya ada panel digital kecil. Isinya odometer, trip A & B, serta fuelmeter. Kaki–kaki belakang ditopang dengan dual shock model tabung berlabel Paioli. Yang depan teleskopik dengan diameter as 41 mm. Sedang pengeremannya sudah disc brake di kedua roda. Yang depan dibekali kaliper Brembo 2 piston yang siap menjepit cakram 300 mm. Sedang cakram 240 mm dengan kaliper Bybre 1 piston ada di belakang. Peleknya aluminium 2.50x18 dibalut ban Pirelli Sport Demon berukuran 100/90-18 untuk yang depan dan pelek 3.00x18 pakai ban 130/70- 18 di bagian belakang.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI