BMW F30 335i 2014, 430 DK buat morning run

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 63/XXVII
9 Agustus 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 63/XXVII

Ibarat mie rebus, sajian modifikasi Bimmer alias BMW F30 335i keluaran 2014 ini, terbilang komplit pakai telor. / Foto : Gombak

OTOMOTIF
Sekadar tau, morning run merupakan kegiatan rutin sebulan sekali yang dilakukan komunitas Speedtech. Dalam komunitas yang dibentuk 2015 silam ini, Dicky bertindak sebagai koordinatornya. Morning run sendiri adalah kegiatan iseng bejek gas menjelajah jalanan. Dimulai waktu subuh sekitar jam 04.30, karena saat itu jalanan masih sepi.

Oh iya, untuk bisa mengikuti kegiatan morning run, mobil anda mesti punya tenaga minimal 160 dk. Nah, Bimmer biru ini enteng untuk kegiatan itu sob! Sebab, tenaga bawaannya sudah berlimpah. Itu pun kata Dicky, mesin 6 silinder segarisnya yang sudah twin turbo berkapasitas 2.979 cc, masih dioprek lagi. “Tenaganya yang sebelumnya 306 dk, setelah dimodif lagi stage 2, kini jadi 430 dk.

Rasanya itu sudah cukup, mengingat mobil ini buat pemakaian harian juga,” senyum pria 41 tahun ini. “Performa segitu, Didapat setelah oprek intercoller, pasang saluran gas buang berspesifikasi high performance, refresh ECU ke stage 2, serta aplikasi WMI,” bilang Dicky sembari kasih tau ia mengaplikasi Wagner Intercooler. Sedangkan untuk komponen saluran buang, ada tiga bagian yang ditebus terpisah, lalu dirangkai jadi satu. Yakni Eisenmann Muffler, Intermediate Eisenmann plus Downpipe Meisterschaft.

Water Methanol Injection Devil Own juga ditanam. Komponen itu ada di bagasi sedangkan tombolnya di dalam laci sebelah kiri. “Untuk ECU-nya, saya kirim datanya ke Manic UK, untuk dituning di sana. Kelar dari sana dikirim balik. Lalu saya masukin data filenya, beres. Ketika dijajal, power terbaca meningkat jadi 430 dk,” bangga ayah 4 orang anak ini.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI