Moto Guzzi vs Bobber

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 69/XXVII
14 September 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 69/XXVII

Anehnya tutup bensinnya tanpa pengunci, jadi bisa dibuka siapa saja kapan pun di mana pun. / Foto : Salim

OTOMOTIF
Sejak melihat pertama kali V9 Bobber ini, kesannya motor ini laki banget, dijamin jika bawa bisa naikin kegantengan 1.000 % sobh! Lihat aja tuh bentuknya yang klasik mirip motor custom anak muda masa kini, tentu merujuk aliran bobber sesuai namanya. Ciri khasnya ban gendut dengan sepatbor ramping. Pelek pakai ukuran 16 inci, lebar 3,5 inci dan 4 inci dibalut ban berukuran 130/90–16 di depan dan 150/80–16 untuk belakang.

Kesan gahar juga ada dengan penerapan cat jenis matt alias dof, dan juga adanya dua knalpot yang juga dilabur hitam dof. Kesan klasik juga terlihat di bagian spidometer dan lampu utama yang membulat. Juga tangki bahan bakar berkapasitas 15 liternya yang cukup unik, terlihat gepeng alias lebar nan ceper dengan lekuk tajam di sisi samping, secara keseluruhan membentuk segilima menyerupai berlian.

Duduk di atas joknya yang mungil dan empuk, ternyata posisinya rendah karena jarak dari tanah hanya 780 mm. Jangan heran untuk yang berpostur 170 cm saat duduk dan kaki menapak ke tanah, lutut menekuk mirip naik skutik. Posisi berkendara cukup santai kendati punggung dituntut sedikit membungkuk, berkat jarak antara jok dan stang flat bar yang sedikit jauh, belum lagi posisi pijakan kaki yang berada di depan.

Setelah beberapa hari melakukan perjalanan dengan motor ini yang diisi bahan bakar RON 92, konsumsi bahan bakar yang dicatatkan 17,35 km/l. Hasil tersebut dari berbagai macam kondisi perjalanan yang dilewati seperti macet merayap, berjalan santai, hingga iseng buka gas pol! V9 Bobber dibekali mesin V-Twin 90° menyamping kanan kiri seperti Moto Guzzi tipe lainnya, berkapasitas 853 cc dari bore 84 mm dan stroke 77 mm berpendingin udara. Klaim power maksimum 55 dk di 6.250 rpm dan torsi maksimum 65 Nm di 5.500 rpm.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI