Yamaha Bolt R–Spec, cruiser ala Jepang

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 70/XXVII
20 September 2017

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 70/XXVII

“Mesinnya halus tanpa getaran berarti sejak dinyalakan” / Foto : rizky

OTOMOTIF
Otomotif ditawari mencicipi Yamaha Bolt yang dijual oleh Probike, importir umum yang bermarkas di Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Yamaha Bolt asalnya dijual untuk pasar Amerika, dengan bentuk cruiser namun tetap dengan sensasi ala motor Jepang. Seperti apa rasanya? Mari simak ulasannya. • Fariz

Menegakkan motor ini dari posisi distandar samping ternyata butuh tenaga lebih, pasalnya motor ini punya bobot basah 245,8 kg, pantesan! Sepertinya untuk melewati kemacetan akan sangat menguras tenaga. Positifnya ketika melaju justru terasa stabil banget dan mudah dikendalikan. Oiya joknya rendah khas cruiser, jarak dari tanah hanya 690 mm, rider berpostur di bawah 170 juga pasti gampang menapakkan kaki, enaknya lagi joknya empuk dengan balutan kulit berkelas.

Ketika duduk, jarak jok dengan setang cukup jauh, lengan jadi lurus hingga membuat punggung juga pundak sedikit tertarik ke depan. Asyiknya handgrip tebal dan empuk, juga dengan handle rem dan kopling yang tebal membuat jemari tangan lebih nyaman. Pijakan kakinya berada di depan, posisinya santai namun tidak sampai selonjoran.

Dan ternyata hawa panas mesin kapasitas 942 cc ini lumayan terasa di area kaki hingga paha, padahal hanya berputar di area parkiran, terutama kaki kiri anget coy! Maklum silinder yang belakang posisinya off-set ke kiri. Buat menangkal kaki menempel, sampai dikasih besi pembatas.

Suspensi depan tipe teleskopik diameter as 41 mm punya redaman yang lembut, sedangkan belakang untuk bobot rider 57 kg terasa agak keras, cukup mengocok badan saat lewat jalan yang bergelombang, sepertinya perlu disetel. Remnya dibekali cakram bergelombang diameter 298 mm, membuat tampilannya sporty, apalagi depan yang tipe floating dijepit kaliper 2 piston.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI