Triumph Tiger XCx 800, pesaing BMW F 850 GS

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15/XXV
27 Agustus 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15/XXV

Tersedia juga versi low seat, khusus buat yang merasa ketinggian jika pakai standarnya / Foto : Randy

OTOMOTIF
Rabu (15/8) lalu, PT. GAS Triumph Motorcycles Jakarta selaku authorized dealer Triumph di Indonesia meluncurkan versi terbaru Triumph Tiger berlabel XCx 800. Motor adventure asal Inggris ini dibanderol Rp 475 juta off the road Jakarta.

Sebelum meminang kompetitor dari BMW F 850 GS ini, terlebih dahulu kami ajak Anda lebih dekat dengan motor yang digunakan oleh Ilsa Faust dalam film Mission: Impossible Fallout ini!

Desain. Triumph Tiger memiliki 2 model XC dan XR. Tiger XC lebih fokus ke medan off-road, sedangkan XR condong ke on-road. XC terbagi lagi menjadi 2 versi, XCx dan XCA dengan perbedaan pada fitur yang diusung. Namun untuk pasar Indonesia, PT. GAS hanya memasukan versi XCx saja.

“Terus terang kalau XCA pasti harganya lebih tinggi. Kemudian karena birokrasinya sulit, karena satu masing-masing harus uji tipe meskipun basicnya sama. Karena itu kita ambil varian tengahtengah,” terang Harry Triadji, Presiden Direktur PT. GAS.

Secara desain, Tiger XCx 800 masih mengusung konsep yang sama dengan predesesornya. Headlamp kembar mendominasi fascia depan, dengan DRL (Daytime Running Light) bersembunyi di tengahnya.

Berbeda dengan XCA yang melintang horizontal pada headlamp. Versi XCx juga masih menggunakan bohlam halogen, sedangkan XCA sudah LED. Tapi selain headlamp, seluruh lampu-lampu sudah LED.

Kemudian di bawah lampu utama terdapat ‘moncong bebek’, sebuah fitur yang nampaknya menjadi kewajiban bagi motor ADV (adventure) saat ini. Pengendara juga terlindung dari empasan angin selama perjalanan dengan windshield yang memiliki 5 tingkat ketinggian.

Bodi samping alias shroud berbentuk menyudut memberikan kesan dinamis pada Tiger. Bagian ini juga siap untuk dipasang crash bar yang dijual terpisah sebagai part opsional.

Beralih ke belakang, buritan didominasi subframe telanjang yang menciptakan kesan tangguh. Lalu tersedia juga hand rail yang besar sebagai pegangan penumpang serta dudukan side box/pannier.

Tabloid OTOMOTIF dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI