Tampilkan di aplikasi

Daihatsu Taft F70 1993, bangkit dari kubur

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXVIII
19 September 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXVIII

Mobil ini sempat jadi bangkai bertahun-tahun. / Foto : Bimo SS

OTOMOTIF
Pertama sang pemiliknya dapat Daihatsu Taft ini, tahun 2004. “Kondisinya mulus banget dan suka saya pakai harian,” ucap Dicky yang berdomisili di BSD, Serpong ini. Tapi hobi off-roadnya memang tak bisa dibendung sejak dahulu. Walau masih dipakai harian, tetap saja dimodifikasi untuk off-road.

Pada masa itu, modifikasi yang dilakukan boleh dibilang cukup sangar loh. Dicky memasang ban Super Swamper 36 inci. Namun tetap mempertahankan wujud bodi aslinya. “Karena bodinya mulus gak ada dempulan, sayang waktu itu mau coak bodi. Jadinya lebih pilih jangkungin mobil. Cara praktis dan murah meriah, dulu dibikin over axle,” celetuk pria yang sudah pensiun dari hobi motocross ini.

Hingga suatu saat, Taft kesayangannya ini dibeli oleh perusahaan tempat Dicky kerja. “Dulu kantor dapat proyek di Papua. Nah, saat itu butuh transportasi buat di sana. Karena kondisi jalannya saat itu masih parah, makanya mobil saya dibayarin kantor untuk kendaraan oprasional,” terang pria yang berkerja di bidang minyak dan gas ini.

Sayang, Dicky lupa kapan mobilnya ini dibeli perusahaan tersebut. “Tapi seingat saya, 2008 mobil itu terakhir digunakan buat transportasi perusahan. Karena waktu itu jalan di Papua sudah cukup bagus, jadi pakai double cabin saja cukup,” tutur pria yang selalu pakai mobil 4x4 sejak kuliah ini. “Taft ini sempat jadi ‘bangkai’ bertahun-tahun. Kalau tidak salah dari 2008 sampai 2011 ngejogrok,” tambahnya.

Kondisi si Taft sudah tertutup semak belukar, yang tampak cuma sebagian kecil pintu belakangnya. “Karena penasaran saya coba bongkar, rupanya benar. Ini mobil saya dulu,” ucap pria yang mengenali bodi mobilnya. Kondisi mobilnya sudah babak belur. Bodi sudah banyak dimakan karat, interior habis karena jendelanya terbuka saat ditinggal. “Sampai bagian sasisnya sudah warna hijau, tertutup lumut semua,” terang Ayah dari Naura
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI