Tampilkan di aplikasi

Toyota Fortuner VRZ 2018, wajah sangar gladiator

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII
7 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII

Secara estetika dan fungsi siap untuk off road. / Foto : F. Yosi

OTOMOTIF
Banyak cara membuat penampilan Toyota Fortuner VRZ semakin gagah. Salah satunya dengan ‘mengubah’ wajah depannya. Adalah Forest, aksesori 4x4 asal Australia yang baru saja menawarkan desain bumper terbarunya ini. Dinamakan Gladiator, desain bumper dan gril dari Forest yang menyatu ini tampak kokoh dan sangar dengan tarikan garis yang tajam. Untuk pemasangan Gladiator ini, bumper dan gril bawaan pabrik mesti dicopot.

“Dirancang khusus untuk Fortuner, jadi langsung plug and play, tidak perlu mengubah dudukan apapun,” bilang David Sadikun, pemilik Fortuner sekaligus distributor Forest di Indonesia. Jadi setiap tarikan garis bumper serta lekukannya, dibentuk ‘menyatu’ dengan bodi seperti lekukan kap mesin, fender hingga posisi headlamp dan foglamp.

Tak hanya tampilannya yang sangar, secara fungsional, bumper ini dibuat kokoh dari bahan cold rolled high strength steel 3,5 mm, yang dipotong menggunakan laser cut forming dengan CNC press brake. Dudukan dan lubang untuk pelat nomor serta towing hook sudah disiapkan. Begitu juga dengan ruang dan lubang untuk winch.

Airbag Compatible. Nah istimewanya lagi, “Bumper ini dirancang airbag compatible, dan bisa menyerap energi benturan secara efektif. Ia memiliki sertifikat keamanan dari pemerintah Australia dan juga road legal,” terang David lagi. Satu set bumper ini dijual Rp 30 juta. Di balik bumpernya, sudah dipasangkan juga winch penarik dari Ironman berkekuatan 9.500 lbs.

Masih berkutat di bagian depan, headlamp ditambahi cover berwarna hitam yang dicomot dari Fortuner versi Thailand. Pada bagian kap mesin juga ada dipasang panel ‘turbo scoop’, “Hanya aksesori saja, tidak ada lubangnya,” kekeh pria berbadan ramping ini.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI