Tampilkan di aplikasi

Kawasaki W175 2018, modern chopper terbaru Presiden

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII
7 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII

Ini merupakan versi akhir yang diminta langsung Jokowi.

OTOMOTIF
Kawasaki W175 hijau ini belakangan menjadi sumber pembicaraan di berbagai media. Mengapa jadi spesial? Because the owner of this bike is the President of Indonesia Mr. Joko Widodo. Motor ini dikemudikan Pak Jokowi ketika mengunjungi sebuah pasar di Tangerang, Banten, pekan kemarin. Ini merupakan motor custom kedua milik presiden, sebelumnya beliau juga memiliki sebuah chopper berbasis Royal Enfield.

Tapi tahukah Anda, motor ini merupakan ubahan kedua atau versi final, karena sebelum menjelma menjadi sebuah modern chopper, W175 ini merupakan sebuah trackerbobber. Informasi lengkapnya dapat disimak pada boks di bawah. Balik lagi ke motor custom ini, modern chopper ini merupakan hasil karya workshop Katros Garage.

Mengenai konsep dan desain motor, Jokowi sendiri yang ingin modelnya seperti ini setelah berdiskusi dengan Andi ‘Atenx’ Akbar, sang owner Katros Garage. Untuk menjadi sebuah chopper, tentu saja bagian belakang harus rigid alias hardtail. Keras? So pasti! This is a chopper man! Presiden pasti paham betul soal ini, karena juga memelihara chopper berbasis Royal Enfield.

Untuk membuat sasis hardtail, Atenx beserta tim memapas sasis W175 mulai dari tengah ke belakang. Kemudian frame belakang dibuat ulang dengan pipa besi berukuran sekitar 1 inci. Dalam proses pembuatannya, Atenx bekerja sama dengan Sickless Custom Werks, karena menyangkut deadline dan ia tidak memiliki jig untuk membuat sasis di workshopnya.

“Tapi desain, ukuran, dan model frame semua dari gue,” ujarnya Selain frame, semua bagian bodi ikut dibuat ulang, mulai dari sepatbor, boks di bawah jok, sampai tangki. Part ini handmade dari material pelat galvanis dengan tebal 1,2 mm. Tangki baru model teardrop berukuran lebih ringkas dari standarnya. Kapasitasnya jadi sekitar 9 liter saja.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI