Tampilkan di aplikasi

Deteksi Kerusakan Low MPV Berusia 3 Tahun, ini part part yang biasa 'kena'

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII
7 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 26-XXVIII

Seiring pemakaian, pasti ada part yang mengalami keausan.

OTOMOTIF
Anda sudah punya atau ada niat menebus low MPV seken yang jam terbangnya sudah di atas 3 tahun? Jika iya, ada baiknya siapkan juga dana cadangan untuk perwatannya. Sebab di usia pakai di atas 3 tahun, ada beberapa komponen yang kinerjanya sudah pasti menurun. Ditambah rata-rata masa garansi kendaraan (3 tahun atau pemakaian hingga 50.000 km), sudah berakhir. Jadi bila ada kerusakan, ya mesti keluar kocek sendiri.

Namun pada bahasan ini, belum termasuk biaya perawatan rutin seperti ganti oli mesin, transmisi, minyak rem, air radiator, hingga kampas rem. Yang akan dibahas adalah biaya pengeluaran komponen-komponen slow movingnya. Baik low MPV berpenggerak roda depan kayak Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, maupun yang berpenggerak roda belakang macam Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Oke, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kaki-kaki. Untuk yang baru berniat tebus low MPV seken penggerak roda depan, kami sarankan untuk melakukan test drive terlebih dulu sebelum memutuskan kasih ‘mahar’-nya. Pertama yang harus dilakukan tentunya memeriksa fisik kendaraan, baik eksterior maupun interior, hingga mengecek kondisi mesinnya.

Jika tak ada masalah dengan fisik kendaraan dan mesinnya, lanjutkan untuk memeriksa kinerja kaki-kaki. Sebab, kendala yang paling sering muncul setelah pemakaian di atas 3 tahun atau lebih dari 50.000 km, adalah munculnya gejala aneh pada kaki-kaki dan suspensi. Salah satunya yaitu kerap terdengar bunyi ‘jeduk’ pada kaki depan saat melewati jalan rusak atau polisi tidur.

“Kalau bunyi ‘jeduk’ itu biasanya karet support shockbreaker depan sudah aus. Tapi, bisa juga rack steer-nya,” terang Suwandi, Service Advisor beres Suzuki PT Sejahtera Buana Trada di Pulogadung, Jakarta Timur. Harga karet support shock untuk Suzuki Ertiga di kisaran Rp 174.400 per satuannya. Artinya kalau harus ganti kiri dan kanan, jadi Rp 348.400. Sementara
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI