Tampilkan di aplikasi

Trik menerabas genangan air, bisa dilakukan, asal...

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 28-XXVIII
21 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 28-XXVIII

Ketahui terlebih dahulu komponen mobil Anda yang rentan bermasalah ketika terkena air. / Foto : Tomo, Rendy

OTOMOTIF
Musim hujan selalu identik dengan genangan air. Nah, bukan tidak mungkin saat hujan lebat, jalur yang biasa Anda lewati tergenang air. Saat kondisi seperti ini, biasanya ada dua pilihan, putar balik atau nekat menerobos genangan air. Namun sebelum melakukan itu, sebaiknya simak tips and trik berikut ini, agar tidak berisiko merusak mobil Anda.

Pertama, sebelum memutuskan untuk menerobos genangan air, ketahui terlebih dahulu komponen mobil Anda yang rentan bermasalah ketika terkena air. “Paling penting adalah posisi air intake atau jalur pasokan udara menuju mesin,” ujar Rudi Gayadi, Service Advisor Astrido Toyota Pondok Gede. Sebab, jika posisi air menyentuh air intake, maka akan sangat berisiko air akan masuk ke dalam mesin.

Sehingga dapat mengakibatkan water hammer dan mesin bisa jebol loh sob!. Soalnya sifat air bila terkena kompresi di ruang bakar, efeknya seperti palu. Sehingga bisa membuat piston dan setang piston jebol. Kalau sudah begini, biaya perbaikannya akan sangat mahal.

Posisi air intake pada setiap mobil, tentu bervariasi. Khususnya untuk mobil jenis sedan, city car dan LCGC, yang memiliki ketinggian lebih rendah dari MPV atau SUV. “Batas aman ketinggian air adalah setengah pelek. Lebih dari itu akan sangat berisiko air dapat masuk ke mesin lewat air intake,” ujar Agung Saputro, Workshop Manager Honda Megatama, Kalimalang, Jakarta Timur.

Amati ketinggian air. Langkah aman kedua, sebelum memutuskan untuk menerobos genangan air, amati dulu ketinggian genangan airnya. “Apabila tinggi genangan air lebih dari setengah tinggi ban kendaraan, atau trotoar sudah tak terlihat lagi, pertimbangkan untuk mencari tempat aman atau menunda perjalanan demi keselamatan pengemudi,” saran Sony Susmana, instruktur Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI).
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI