Tampilkan di aplikasi

Kolektor Yamaha RX-King, raja kembali bertahta

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 29-XXVIII
29 November 2018

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 29-XXVIII

Dirinya punya koleksi RX-King yang cukup lengkap. Bukan dilihat dari tahun produksi motor, tapi lebih ke kode mesin yang ada. / Foto : F. Yosi

OTOMOTIF
Berdalih mengenang masa muda, kedua pelaku balap mobil ini rela bersusah payah mengumpulkan barangbarang Yamaha RX-King. Tentu bukan untuk disimpan saja, tapi dirakit ulang atau menggantikan komponen di Yamaha RX-King miliknya yang sedang ‘dibangun’. Membuat sang raja kembali bertahta.

Keduanya penggeber Jeep Cherokee saat berlaga di ajang speed off-road tersebut yakni H.Hedi Achmad Sugandi, atau lebih sering dipanggil H. Gandi dan juga Ahmad Badawi. Meski keduanya berbeda kota, namun sepakat kalau ketika mereka muda dulu sangat ingin punya motor Yamaha RX-King. “Dulu masih kita impikan, sekarang kita punya. Sekalian ngebangun bikin jadi orisinal lagi,” sebut Gandi yang juga jadi salah satu pemilik pabrik sarung Hasstex di Majalaya, Jabar tersebut.

Sementara itu, hampir sama seperti Gandi, Badawi juga demikian. “Motor ini kan terkenal dari zaman dulu. Ibaratnya jadi legenda. Sampai sekarang juga masih, makanya gue pingin melihara lagi,” ungkap salah satu petinggi di merek mobil keluaran Eropa ini. Menariknya, Gandi dan Badawi punya ‘koleksi’ RX-King yang tidak sedikit, namun juga spesial. Seperti apa ya?

Gandi. Pertama kali punya motor 2 Tak ini berkelir silver. Padahal motor ini identik dengan warna hitam. “Nah, justru di situ uniknya. Kalau begitu, warna silver kan jadi sedikit yang punya,” ungkapnya. Pertama kali beli sekitar Rp 17 juta. Bukan langsung dipakai, tapi justru dibongkar habis untuk dibangun ulang supaya lebih bagus.

Setelah selesai proses bangun, langsung ikut event khusus Yamaha RX-King. Dalam event tersebut, mejeng selama 4 jam sudah ada yang nawar lebih dari Rp 40 juta. Mulai dari sini keinginan untuk terus menambah ‘peliharaan’ kuat dirasakan. Padahal, “Mencari spare part untuk yang tahun tua saat ini sudah susah.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI