Tampilkan di aplikasi

Suzuki Jimny LJ80 1981, Casper buat Alya

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 34-XXVIII
3 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 34-XXVIII

Bucket seat lengkap dengan seatbelt Crow. / Foto : Gombak

OTOMOTIF
Ngebut kencang di kompetisi off-road, hingga jumping melibas berbagai handicap, sudah hal biasa dilakukan Casper. Casper si hantu putih baik hati di film animasi itu? Eitz, jelas bukan! Casper yang dimaksud adalah jip tubular offroad berbasis Suzuki Jimny LJ80 tahun 1981. Oleh pemiliknya diberi nama Casper.

“Nama Casper memang diambil dari tokoh kartun hantu baik hati dan cerdik itu, karena cocok buat jip ini. Soalnya lincah. Start di sini, eh tahutahu sudah sampai di sono, alias finish, hahaha..,” tawa Doddy Raharjo, offroader asal Bantul, Jawa Tengah, yang membela tim Raharjo Racing Team (RHJRT) pakai si Casper ini.

Menurut Doddy, Casper dibangun dan dipersembahkan buat putri keduanya, Alya Raharja, yang memang tertarik dengan dunia off-road. Padahal masih duduk di bangku kelas 6 SD. Wiihh.. mantab! “Saya lihat potensinya yang suka dunia off-road. Saat di stadium off-road 2016 silam, dia girang jadi navigator. Saya tawarin jadi off-roader, eh dia bilang mau. Ya sudah, saya bikinkan si Casper ini buat dia, agar kelak siap digas olehnya di ajang off-road, khususnya kelas 1000,” yakin Doddy, yang juga punggawa Garage 77 di di jalan dr. Wahidin Sudirohusodo Nogosari Trirenggo, Bantul..

Upgrade mesin & kaki-kaki. Secara keseluruhan, spesifikasi si Casper ini seperti jip adventure off-road kelas 1000 pada umumnya. Frame tubularnya dibuat full dari pipa seamless SCH40. Sementara dapur pacunya mengandalkan milik LJ80 berkode F10A, yang diklaim cukup mumpuni di kelas tersebut. “Mesinnya tentu kita upgrade lagi. Pistonnya pakai oversize 150, trus porting polish serta setting karburator.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI