Tampilkan di aplikasi

Petronas Yamaha Sepang MotoGP Team, sebuah sejarah dari Malaysia

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 38-XXVIII
31 Januari 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 38-XXVIII

Negeri Jiran sudah punya tim yang akan berlaga di ajang MotoGP pada 2019. / Foto : PETRONAS YAMAHA SRT_SIC RACING

OTOMOTIF
Sekali lagi Indonesia tertinggal dari Malaysia. Karena negeri Jiran tersebut sudah punya tim yang akan berlaga di ajang MotoGP pada 2019 ini. Ini menjadi catatan sejarah bagi negeri yang saat ini dipimpin oleh Mahathir Mohamad. Berlokasi di menara kembar, Petronas Twin Tower, Kuala Lumpur, Malaysia, Petronas Yamaha Sepang MotoGP memperkenalkan livery serta pembalapnya (28/1).

Tak hanya kelas MotoGP, untuk pembalap di kelas Moto2 dan Moto3 dengan nama Petronas Sprinta pun turut diperkenalkan. Tetapi semua mata dan perhatian tentu saja terpusat pada tim MotoGP yang punya kekuatan Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo ini. Tim MotoGP ini memang sudah jadi impian sejak 2015, saat Petronas dan Manajemen Sepang International Circuit (SIC) bermimpi memiliki tim balap di MotoGP.

“Kami memulai dari ajang Moto3 dan membuka jalan bagi pembalap muda kami berkompetisi di Grand Prix, lalu dilanjut ke Moto2 dengan Hafizh Syahrin dan kini kami sudah membuat tim MotoGP,” ujar Dato Razlan Razali, pimpinan Tim Petronas Yamaha Sepang MotoGP. “Ini bukan hanya tim Malaysia semata. Ini tim besar yang terdiri lebih dari 50 orang dengan 10 kebangsaan yang berbeda-beda. Pembalap MotoGP kami saja berdarah campuran dari Brazil, Italia, Perancis, dan Inggris. Keragaman ini yang membuat kami sebagai keluarga akan saling belajar,” sambung Dato Razlan yang juga CEO SIC.

Dengan Yamaha YZR-M1, sebagai salah satu motor yang kompetitif didukung data yang matang, tim berkelir hijau tosca ini pun optimis bisa meraih point dan bertarung di posisi terdepan. Morbidelli jelas akan menjadi ujung tombaknya. Ia sudah masuk pada tahun kedua serta titel rookie of the year MotoGP 2018 menyatakan dirinya bukanlah pembalap baru di level bawah. “Ini tim yang melibatkan unsur-unsur besar, Petronas, Yamaha, dan Sirkuit Sepang. Maka target saya juga harus besar untuk membuktikan kalau saya makin matang di MotoGP,” kata Morbidelli.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI