Tampilkan di aplikasi

Kawasaki ER-6n 2011, Bali, naked bike, modern classic

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 48-XXVIII
10 April 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 48-XXVIII

Hanya makan waktu 3 bulan, naked bike ini sukses diubah jadi bergaya modern classic.

OTOMOTIF
Kawasaki ER-6n menjadi salah satu basis moge yang paling diminati oleh pencinta dan bengkel untuk dimodifikasi.. Termasuk bengkel Pro Tuner Motorcycle (PTM) yang sangat akrab dengan custom ER-6n. “Saat ini moge dengan harga terjangkau dan spare part banyak ya cuma ER-6n,” ungkap Helios Syam Hedar, salah satu punggawa bengkel PTM yang berlokasi di Jl. Raya Kerobokan, Kerobokan, Kuta, Bali. Dan baru-baru ini PTM baru saja merampungkan ER-6n tahun 2011 milik Bara Suliawantoro menjadi berkonsep modern classic.

Pangkas rangka. Tahap awal, demi mewujudkan konsep tersebut rangka belakang dipangkas habis namun tetap mempertahankan swing arm. Tapi monosoknya diganti dengan produk ohlins dengan tabung. Sedangkan suspensi depan dilengserkan dan diganti milik yamaha yZf-R6 komplet segitiga komstirnya. Sesuai request dari Bara yang menginginkan motor tidak terlalu tinggi, maka daleman sokbreker depan harus dimodifikasi agar posisi lebih turun 2 cm.

Sementara tangki ER-6n yang aslinya menjulang tinggi mesti dipangkas mengimbangi posisi suspensi yang diperpendek tadi. “Untuk membuat tangki ER-6n yang slim, filter asli harus lengser dan diganti open filter,” terang Helios. Lebih lanjut, Helios mengatakan kalau ubahan tangki tersebut wajib diimbangi pula dengan remapping ulang ECU. “Biar pasokan bahan bakarnya tetap seimbang,” tegasnya.

Semua ubahan itu lantaran desain tangki dipilih berkonsep modern dengan lekukan serba tajam. Ditambah cover di tengah tangki dengan sistem knock down. Pengerjaan ini cukup menyita waktu karena desain dan material yang digunakan adalah aluminium setebal 3 mm. Desain side cover pun dituntut selaras dengan tangki.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI