Tampilkan di aplikasi

Yamaha XMAX 2018, motor Tifosi Rossi

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 02-XXIX
21 Mei 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 02-XXIX

Setiap Rossi ganti motor pasti diikuti.

OTOMOTIF
Sebagai penggemar berat Valentino Rossi, Han Sye Supangat mengoleksi die cast motor tunggangan pembalap MotoGP bernomor start keramat 46 itu. Dari Aprilia RS125, RS250, Honda NSR500, RC213V, Ducati Desmosedici hingga Yamaha YZR-M1. Yang lebih fenomenal tiap Rossi ganti tunggangan, pasti juga diikuti, “Corak motor harian saya juga harus sama dengan Rossi,” terang Han yang juga pemilik toko mainan Hans Toys Home di Pasar Asemka, Jakarta.

Beberapa motornya yang pernah dimodif bermotif Rossi ada Honda PCX, Vario 125, Yamaha NMAX, Ducati Monster dan lainnya. Yang masih dipakai saat ini Yamaha XMAX, tahun lalu tentu berlivery Movistar Yamaha MotoGP. Dan di 2019 ini baru berubah jadi seperti YZR-M1 Monster Energy Yamaha MotoGP Pengerjaannya kembali diserahkan ke Tomi Airbrush.

“Pesannya livery harus sama dengan motor Rossi, termasuk detail sponsornya, tapi karena beda dimensi dari sport fairing ke skutik, butuh proses cukup lama agar penempatan dan komposisinya enak dilihat,” buka Tomi Gunawan, owner Tomi Airbrush yang beralamat di Jl. Kebon Raya No.103, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakbar.

Tomi menyebut total prosesnya sekitar 2-3 minggu, itu sudah termasuk menunggu giliran karena antre, bikin konsep dan eksekusi, “Kalau proses pengecatan sebenarnya cuma sekitar 2 hari.” Wah singkat banget ya? Singkatnya proses pengecatan karena pakai teknik khusus. Setelah cat dasar yaitu biru dan hitam kelar, untuk bagian tulisan sponsor ternyata pakai cutting sticker yang dipakai bagian lubangnya, jadi setelah ditempel catnya disemprotkan ke lubang maka langsung jadi dan rapi.

“Beda dengan teknik lama yang tulisannya mesti bikin manual, itu lebih lama dan kalah rapi,” terang airbrusher biasa menggarap supercar ini. Jika diamati dari dekat, hasilnya memang sangat rapi dan persis dengan logo masing-masih sponsor. Untuk menggarap motor Han ini, Tomi menggunakan cat Spies Hecker dan ditimpa clear Extrem Color sebanyak tiga lapis. Pantas jika halus banget!
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI