Tampilkan di aplikasi

Review paruh musim MotoGP, persaingan merata, honda masih berkuasa

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 11-XXIX
25 Juli 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 11-XXIX

MotoGP

OTOMOTIF
MotoGP sudah melewati separuh musim pertama, para pembalap akan kembali balapan di sirkuit Brno, Republik Ceko (4/8). Menelaah persaingan musim ini, Marc Marquez dari Repsol Honda Team memang masih berkuasa.

Namun, tidak seperti musim lalu. Di paruh musim pertama musim ini tidak hanya di dominasi Ducati dan Honda saja seperti tahun lalu. Suzuki dan Yamaha juga sudah mulai bisa ambil kemenangan. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) menang secara mengejutkan di MotoGP Amerika Serikat pertengahan April lalu.

Bukan hanya sekadar keberuntungan karena Marquez yang berkuasa di sana DNF (Did Not Finish) karena terjatuh, di seriseri selanjutnya Rins masih bisa bersaing untuk podium. Suzuki GSX-RR memang sudah dalam level persaingan yang bagus di musim ini.

Namun, tipikal mesin empat silinder segaris masih belum bisa mendapatkan hasil dan performa yang maksimal, seperti Yamaha juga. Yamaha dan Suzuki samasama bagus di sirkuit Assen, Belanda. Tetapi di sirkuit lainnya, performa mereka masih fluktuatif, alias belum stabil.

“Para test rider kami bekerja sangat keras di jeda paruh musim ini untuk mengumpulkan data. Tim riset di Jepang dan Eropa pun bekerja keras untuk bisa mendapatkan kemenangan kami berikutnya. Alex Rins sedang dalam performa yang tinggi, Joan Mir terus beradaptasi lebih jauh,” ucap Davide Brivio, Manajer Team Suzuki Ecstar Pembalap pabrikan Yamaha di tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales dan Valentino Rossi masih bermasalah pada sasis dan grip ban belakang yang tidak stabil.Kadang keduanya mendapatkan hasil bagus, namun juga tak sedikit kehilangan momen.

Hanya Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang performanya stabil dengan Yamaha YZR-M1. Namun, ia kerap sial saat balapan sehingga tidak sering meraih hasil bagus sejak sesi latihan dan mengubahnya menjadi kemenangan.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI