Tampilkan di aplikasi

Honda ADV150

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15-XXIX
22 Agustus 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 15-XXIX

Honda ADV150

OTOMOTIF
Rangkaian pengetesan Honda ADV150 belum usai. Setelah first ride di tempat terbatas, lanjut turing di Bali dengan beragam medan berjarak sekitar 200 km (OTOMOTIF edisi 14:XXIX), kini lanjut mengetesnya lebih mendalam, seperti tagline ADV150, “Discover New Excitment.” Pengetesan yang dilakukan mulai dari untuk penggunaan aktivitas harian, dipakai turing on road dan light off road, diukur akselerasi pakai Racelogic, ambil data performa di atas dynamometer, dan tentu saja mengetes konsumsi bensinnya. Sekalian dibandingkan dengan saudara satu platform, PCX 150.

Bagaimana hasilnya? Simak sampai akhir. Riding position & handling. Posisi duduk yang ditawarkan ADV150 beda dengan saudara kandungnya, PCX 150, di ADV150 terasa tinggi karena jarak jok dari tanah mencapai 795 mm, buat perbandingan PCX 150 cuma 764 mm. Jangan heran saat di sebelahnya ada Honda BeAT atau Yamaha Mio, untuk melihatnya seakan perlu menunduk.

Dengan jok setinggi itu, buat pengendara di bawah 170 cm dijamin jinjit. Triknya biar bisa menapak, saat berhenti duduknya mesti maju ke bagian yang tirus, atau cukup turun satu kaki saja. Bagaimana dengan pembonceng? Untuk naik perlu trik karena memang joknya lebih tinggi lagi. Caranya kaki kiri mesti naik dulu ke footstep kiri, kemudian naik dan baru kaki kanan melangkah. Oiya posisi kaki pembonceng tak terlalu mengangkang karena bodi belakang memang tak terlalu lebar, namun karena di belakang jok behelnya terpisah, jadi memberikan kesan joknya pendek.

Balik ke depan, saat meraih setang posisi yang ditawarkan beda dengan skutik kebanyakan, karena menggunakan setang taper atau fatbar sesuai konsep adventure. Dimensi setangnya lebar dan ujungnya hampir lurus, sehingga tangan mesti membuka lebar, tapi posisinya dekat dengan badan, jadi siku cukup menekuk, efeknya jadi lebih sigap saat mesti mengendalikan laju ketika melewati jalan tak rata.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI