Tampilkan di aplikasi

Yamaha NMAX dan Honda ADV150, pertahanan lawan rookie

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16-XXIX
29 Agustus 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16-XXIX

Sama-sama bertempur di kelas skutik 150 cc bongsor. / Foto : RANDY

OTOMOTIF
Pasar skutik 150 cc berbodi bongsor saat ini masih dikuasai Yamaha NMAX, dengan penjualan sekitar 40 ribu per bulan. Honda dengan PCX 150 masih berkutat di angka 20 ribuan per bulan. Kehadiran Honda ADV150, yang kendati beda style dengan keduanya, tentu akan mengganggu penjualan NMAX dan mungkin juga PCX, karena sama-sama bertempur di kelas skutik 150 cc berbodi bongsor.

Apalagi ADV150 mendapat sambutan yang bagus di pasar, menurut Thomas Wijaya, Marketing Director PT. Astra Honda Motor di bulan pertama diinden sekitar 8.000 unit, “Itu di atas ekspektasi kami,” tuturnya di Kuta, Bali (8/8). Apakah Anda sedang bimbang meminang antara sang penguasa pasar atau pendatang baru? Untuk memudahkan memilih mana yang cocok dipinang, kali ini OTOMOTIF langsung mengomparasi NMAX dan ADV150 dari berbagai sisi. Bagaimana hasilnya? Simak sampai akhir.

Fitur & teknologi. Membandingkan fitur dan teknologi, diawali dari sisi penerangan. Kedua skutik ini sudah menggunakan LED dengan cahaya putih kebiruan. Sayangnya NMAX hanya LED pada lampu utama dan rem saja, sedangkan ADV150 lebih komplet karena seluruh lampu LED. Oiya ada juga fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada ADV150 versi ABS, di mana ada kedipan sein mirip hazard tapi lebih kencang, yang akan aktif ketika melakukan pengereman mendadak di atas kecepatan 56 km/jam.

Meski sama-sama dibekali windshield, tapi milik ADV150 bisa dinaik turunkan. Sehingga bisa diatur ketika pengendara ingin posisi rendah ketika butuh udara atau ke posisi tinggi untuk menghindarkan badan dari terpaan angin langsung.

Keduanya dibekali juga dengan spidometer digital negative display, tapi NMAX punya desain mengotak yang lebih kecil dibanding ADV150. Di bagian tengah paling besar menampilkan penunjuk kecepatan dengan ukuran angka paling besar. Di atasnya ada jam, dan ada penunjuk kapasitas bahan bakar juga instant fuel economy berupa bar di kanan dan kiri.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI