Tampilkan di aplikasi

Kawasaki KLX230 2019, ini nih d-tracker 230

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16-XXIX
29 Agustus 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 16-XXIX

Modifikasi untuk menginspirasi konsumen / Foto : FAJRIN

OTOMOTIF
Begitu Kawasaki meluncurkan KLX230, pasti ada yang bertanya akan kah keluar versi supermoto alias D-Tracker 230? Buat yang sudah ngebet, beli saja KLX230 lalu dimodifikasi. Ini sudah ada contohnya, langsung dari Kawasaki! “Pada saat launching kita berikan acuan modifikasi ke arah trail enduro, sekarang kami coba berikan yang berkonsep supermoto pada KLX230,” buka Sucipto Wijono, Line Head Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang menyebut, kalau pengerjaannya digarap sendiri oleh KMI.

Ubahannya dimulai dari mengganti suspensi depan dari teleskopik jadi upside down pakai kepunyaan KLX250. Setangnya ganti fatbar lansiran Protaper yang ditambah handguard. Sesuai rohnya supermoto, tentu lingkar roda depan dan belakang pakai ukuran 17 inci. Pelek bawaan pabrik diganti lansiran Takasago Excel Asia ukuran 2.50x17 dan 3.50x17, kemudian dibalut ban Pirelli tipe Diablo Rosso Sport. Pada area pengereman, disc brake depan dari D-Tracker 150 yang berukuran 320 mm dan semi floating kini dipercaya untuk mengurangi laju. “Braket kalipernya juga diganti dengan kepunyaan D-Tracker,” beber pria yang akrab disapa Cipto ini.

Selanjutnya sepatbor belakang bawaan pabrik kini diganti undertail yang terintegrasi dengan stoplamp LED 3 in 1. Sektor performa juga diperhatikan, tak cuma ganti knalpot, agar tarikan KLX230 supermoto ini lebih enteng, Cipto juga mengganti final gear jadi 50/14 dari aslinya 45/14, untuk rantai pakai TK Japan gold ukuran tetap 520. Terakhir biar supermoto ini makin “cantik”, seluruh bodi dilapis decal stiker yang terinspirasi dari Kawasaki KX450 Supermoto. Keren!
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI