Tampilkan di aplikasi

Pelek jari-jari di Honda ADV150, makin kental aura adventure

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXIX
18 September 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXIX

Honda ADV150

OTOMOTIF
Dengan desain khas motor lengkap rasanya apabila Honda ADV150 tidak adventure, tak dikasih pelek jari-jari. Layaknya motor penjelajah seperti Honda CRF1000L Africa Twin maupun BMW R1200GS Adventure, yang dibekali pelek model ini.

Salah satu bengkel yang sudah mengaplikasikan pelek jari-jari ke ADV150 adalah Dream Garage DG, yang terletak di Jl. Pangeran Antasari No.67 Jaksel. Pelek yang dipasang keluaran TK Racing berukuran 15 inci dan 14 inci, atau naik 1 inci di masing-masing sisi. “Dinaikin 1 inci biar lebih tinggi dan gaya ala adventure serta supermoto,” ujar Awang dari Dream Garage Modified.

Lebarnya 2.50 untuk pelek depan dan 4.50 pada pelek belakang. Namun, menurut Awang ukuran pelek belakang yang 4.50 inci dianggap kelebaran, sebaiknya turun jadi 3.50 inci. Selain pakai TK Racing, juga dapat menggunakan pelek Scarlet, TDR dan lainnya.

Bagaimana dengan teromolnya? Ternyata menggunakan part aftermarket yang aslinya untuk PCX150, salah satunya merek VND. Namun menurut Awang agar pelek dapat terpasang dengan sempurna dan center, harus dibuatkan spacer terlebih dahulu, kemudian dibuatkan bushing baru untuk pelek belakang.

Sementara untuk ukuran jari-jari Awang memasrahkan ke tukang pelek, terima jadi saja, makanya ketika ditanya ukurannya pun cuma gelenggeleng. Yah sayang banget nih! Oiya, untuk pelek depan dibanderol Rp 1,3 juta sedangkan belakang Rp 1,1 juta.

Sedangkan teromol depan-belakang milik PCX seharga Rp 1,2 juta, tapi belum termasuk custom. Untuk jari-jarinya dijual Rp 400 ribu. Serunya setelah pasang pelek jari-jari, motor bisa bergaya adventure atau supermoto, tinggal sesuaikan dengan bannya saja.

Jika ingin bergaya ala motor penjelajah pasang ban berkontur agak kasar, bila ingin ke arah supermoto tinggal pasang ban aspal. “Tapi karena sudah pakai pelek jari-jari jadi harus disertai dengan penggunaan ban dalam,” wanti Awang.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI