Tampilkan di aplikasi

Mitsubishi Galant VR4 1991, from zero to hero

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXIX
18 September 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 19-XXIX

Mitsubishi Galant VR4 1991

OTOMOTIF
Kalau Anda sempat datang ke ajang Otobursa Tumplek Blek XX di Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Jakarta beberapa waktu lalu, di booth bazaar bagasi yang diadakan oleh komunitas Rally Look Indonesia, ada terpajang Mitsubishi Galant VR4 ini. Yup, mobil yang melegenda di dunia motorsport ini, berhasil ‘diselamatkan’ oleh Isa Surya di bengkel K-Zero miliknya di kawasan Tanah Kusir, Bintaro.

“Waktu pertama dibawa ownernya ke sini (bengkel, red), kondisinya sudah tidak layak jalan. Suspensi berantakan, mesin gak sehat. Makanya saat itu mau dibangun ulang,” tutur Isa. Pelan tapi pasti, restorasi mobil balap grup N ini pun segera dimulai.

Mesin pun langsung dibedah untuk mengganti jeroan yang sudah tidak bisa dipakai. Turbonya juga ikut diganti baru. Lalu bushing gardan dan bodi semua diganti menggunakan bahan poyurethane agar lebih awet. “Gardan sempat disetting di bengkel M-Tuning, saya ngeberesin lainnya,” tukasnya.

Kemudian beralih ke interior. Karena dasbor dan doortrim asli VR4 sudah tak terselamatkan, maka opsi ambil dari ‘saudara kandung’ yang beda nasib. “Dasbor dan doortrim pake punya Eterna, tapi speedometernya masih punya VR4, karena ada indikator turbonya,” ucap pria yang juga pembalap ini.

Selanjutnya rollbar dibuat ulang menggunakan bahan pipa seamless agar lebih rapi. Jok diganti model semi bucket, “Dibikin senyaman mungkin buat dipakai jalan-jalan. Makanya power window dan AC juga diaktifin, hehehe..,” kekeh Isa.

pelek, Isa memilihkan pelek Revolution yang biasa dipakai di Ford Escort Cosworth rally. “Karena PCD peleknya beda, yaitu 4x108, sementara aslinya Galant 4x114,3, maka baut roda hub bawaan diubah PCD-nya jadi 4x108, supaya pelek ini bisa masuk,” jelas Isa.

Terakhir, barulah bodi direstorasi dan seluruh lampu diganti baru milik Eterna juga. Isa membuatkan desain cutting sticker ala Galant VR4 pereli legendaris Kenjiro Shinozuka, agar aura rally mobil ini terlihat jelas. Kereeennn..!
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI