Tampilkan di aplikasi

Honda Civic Type R 2018 Tahap awal 400 DK

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 25-XXIX
7 November 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 25-XXIX

Honda Civic Type R 2018

OTOMOTIF
Mochammad Rayhan Tania adalah pemilik Honda Civic Type R ini. Yup, pria yang masih berumur 19 tahun ini memang beruntung bisa memiliki kasta tertinggi dari keluarga Civic tersebut. Meski begitu, ia merasa kalau mobil barunya ini masih bisa ditingkatkan lagi performanya.

“Terus terang saya penasaran dengan performa Civic Type R ini. Menurut saya masih bisa lebih kencang lagi,” yakin Rayhan, sapaan akrabnya. Ia pun membawa mobilnya ke Ferry Khoe, pemilik CGI Motorsport di Bandung, Jabar, guna melaksanakan niatnya itu.

Karena memang part performa untuk Civic Type R ini belum banyak, Ferry melakukan modifikasi ringan saja. Seperti memasang open intake HKS, blow off valve HKS SQV 4, dan busi HKS. Awalnya Rayhan merasa sudah cukup dengan modifikasi seperti ini, namun lama-lama ia kembali penasaran.

Ia pun balik lagi ke Ferry untuk menanyakan opsi lain. Oleh Ferry kemudian ditawarkan untuk reflash ECU. “Dengan reflash ECU, cukup signifikan peningkatan performanya,” tukas Ferry sembari menyebut reflash ECU-nya dari Etuner Motorsport stage 2.

Dari sini barulah Rayhan bisa tersenyum lebar. “Power mesinnya sekarang jadi sekitar 400 dk. Belum didyno sih, tapi ada Civic Type R lain yang juga modifnya sama, sudah didyno dapatnya 400 dk lebih,” bilang Rayhan. Kalau dibandingnya dengan standarnya di kisarab 320 dk, artinya kenaikannya sekitar 80-an dk. Mantap!
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI