Tampilkan di aplikasi

Toyota Estima, MPV 'telur' yang menggoda

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXIX
14 November 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 27-XXIX

Toyota Estima / Foto : KYN

OTOMOTIF
Mungkin Anda kurang familiar dengan nama MPV premium yang satu ini, Toyota Previa atau Estima. Ya, mobil ini memang memiliki dua nama yang berbeda sebagai penanda area dimana mobil ini dijual. Di Indonesia mobil ini dijual dengan nama Toyota Previa.

Previa atau Estima ini memiliki julukan ‘Egg Car’ karena bentuknya yang mirip sebuah telur. Desain mobil ini terbilang modern di era awal tahun 2000-an, dan fiturnya pun cukup berlimpah. Bahkan ketika dilihat sekarang, mobil ini seperti tak ketinggalan zaman kan? Nah, beberapa tahun belakangan ini Previa atau Estima mulai banyak dicari sebagai alternatif mobil keluarga berkelas.

Kemewahannya tak kalah dengan MPV premium saat ini. Sebab, harga bekasnya lumayan terjangkau loh, ditambah perawatannya terbilang mudah lantaran spare part-nya masih mudah ditemui.

Sejarah Previa di Indonesia. Sekitar tahun 2000, PT Toyota Astra Motor (TAM) sempat menjual Toyota Previa di Indonesia. Meski hanya sekitar 5 tahun, namun Previa cukup mendulang sukses ketika itu di kelas MPV premium. Selebihnya, Previa dijual berdasarkan order khusus saja dan melalui jalur importir umum (IU).

Jika Anda lihat yang di foto, itu adalah unit Estima Aeras tahun 2011 yang dijual oleh importir umum. Estima ini juga sudah masuk generasi facelift yang berbeda di desain eksterior dan interiornya.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI