Tampilkan di aplikasi

Datsun Indonesia, tahun depan pamit

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 29-XXIX
28 November 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 29-XXIX

Datsun Indonesia

OTOMOTIF
Berita mengejutkan tersiar, kalau Datsun bakal pamit (permisi akan pergi atau pulang, red) dari tanah air. Langkah Datsun menghentikan penjualan ditengarai lantaran naiknya Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) LCGC (Low Cost Green Car), yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019, tentang PPnBM sebesar 3%. Sebelumnya PPnBM digratiskan alias nol persen.

Hal ini diduga menjadi salah satu penyebab gulung tikarnya Datsun dari percaturan bisnis otomotif di dalam negeri. “Terhitung mulai Januari 2020 Datsun dinyatakan berhenti produksi,” kata salah satu sumber yang enggan namanya disebutkan.

Datsun Indonesia berdiri dalam naungan PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Agar jelas, OTOMOTIF mencoba mengklarifikasi kabar tersebut kepada NMI. Secara tegas, kabar hengkangnya Datsun, dibantah oleh Hana Maharani, selaku Head of Communication NMI.

“Kami akan tetap ada di sini (Indonesia). Itu penting dan harus diperjelas. Kami menegaskan untuk terus berkomitmen terhadap pasar dan konsumen di Indonesia,” tegas Hana, yang dihubungi (25/11).

Jika ditelaah lagi, boleh jadi penjualan stop, namun layanan purnajual tetap jalan. Apakah benar demikian? Lantas berapa data penjualan Datsun, sedemikian anjlokkah penjualannya?
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI