Tampilkan di aplikasi

Jeep Comanche SporTruck MJ 1992, langkah yang bikin repot

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 30-XXIX
5 Desember 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 30-XXIX

Jeep Comanche SporTruck MJ 1992

OTOMOTIF
Pertengahan tahun ’80-an, AMC dan Chrysler melansir mobil barang (pikap) yang waktu itu banyak dibutuhkan pasar otomotif Amerika. Langkah ini sekaligus untuk bersaing dengan pikap Jepang yang mulai popular di negeri Paman Sam itu.

Tapi, lantaran kondisi keuangan dua pabrikan tersebut tak memungkinkan merancang pikap baru, akhirnya AMC dan Chrysler mengembangkan dari produk SUV mereka yang sudah terkenal, yakni Jeep Cherokee. Nah, nama pikap baru itu adalah Comanche.

Kalau di Indonesia, Cherokee sudah banyak dikenal penyuka SUV. Populasinya pun sudah cukup banyak. Sebaliknya untuk Comanche, jarang atau bahkan hampir tak pernah deh kita jumpai di jalan. Karena memang sedikit sekali yang punya pikap ini.

SASIS DEPAN BELAKANG BEDA

Nah, belum lama ini OTOMOTIF dipinjamkan sebuah Jeep Comanche MJ 1992 sasis pendek (short wheelbase) asli, yang ada di Jakarta. Meski tampilannya Cherokee banget, tapi ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Comanche punya kombinasi sasis uni-body di depan (hidung dan kabin), sama dengan Cherokee. Namun di belakang sasis body on-framenya diperkuat X-crossbar, karena ada bak pengangkut barang.

Selain itu, bila jarak sumbu roda Cherokee terbentang sejauh 101,4 inci (2,58 meter), maka Comanche mencapai 112,9 inci (2,87 meter). Itu baru yang short wheelbase loh, sedangkan Comanche versi long wheelbase, jarak sumbu rodanya mencapai 119,4 inci (3 meter).
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI