Tampilkan di aplikasi

Cek kondisi ban saat hujan, Awas kepeleset!

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXIX
23 Desember 2019

Tabloid OTOMOTIF - Edisi 33-XXIX

KONDISI TAPAK BAN DAN TEKANAN ANGIN WAJIB DIPERHATIKAN

OTOMOTIF
Dalam musim hujan seperti saat ini, bersikap waspada dan meningkatkan kehati-hatian dalam berkendara menjadi hal yang wajib. Kondisi jalanan yang licin, pandangan terganggu bisa menjadikan situasi normal menjadi berbahaya dalam seketika.

Walau begitu, pastikan kondisi kendaraan kita juga mesti fit. Salah satu yang wajib dilakukan pengecekan adalah bagian ban. Ban menjadi satu-satunya komponen dalam mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal.

Pastikan kondisinya prima agar tetap mampu menjaga traksi terhadap aspal, meskipun kadang terhalang oleh genangan air. Sebab saat hujan, pasti akan banyak genangan air di jalanan. Ini kerap menyebabkan kondisi yang disebut aquaplaning atau hidroplaning.

Hidroplaning adalah kondisi saat ban tidak mendapatkan traksi pada permukaan jalan, lantaran terhalang oleh lapisan air. Efek buruknya, mobil mirip papan luncur di atas air, cenderung sulit untuk dikendalikan, dan berisiko kecelakaan.

Meminimalisir situasi seperti di atas, saat berkendara melewati permukaan licin dan basah, pastikan melaju kecepatan di bawah ideal, dan sigap mengontrol arah kemudi. Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan soal kondisi ban saat musim hujan, berikut penjelasannya.
Tabloid OTOMOTIF di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI