Tampilkan di aplikasi

Insiden tabrakan di supersport 600 cc, ARRC seri 3, Suzuka - Jepang

Tabloid OTO PLUS - Edisi 51/XIII
14 Juni 2016

Tabloid OTO PLUS - Edisi 51/XIII

Kejuaraan Supersport 600cc Asia Road Racing Championship di sirkuit Suzuka, Jepang diwarnai beberapa insiden di Race 1 (04/06). / Foto : MotoGP

OTO PLUS
Bukan Salah Azlan Maupun Yuhistira, Kejuaraan Supersport 600cc Asia Road Racing Championship di sirkuit Suzuka, Jepang diwarnai beberapa insiden di Race 1 (04/06). Ketika balap menyiasakan 10 lap, Anucha Nakcharoensri, pembalap Thailand terjatuh dan motornya terbakar di tengah lintasan. Akibat kejadian ini, red flag dikibarkan dan balap dihentikan. Petugas segera memadamkan api pada motor Anucha. Setelah kondisi aman, balap dilanjutkan. Jumlah lap pun dipotong menjadi separo atau jadi 5 lap. Dan Setelah bendera finish dikibarkan, kembali insiden terjadi. Dua pembalap Kawasaki, pembalap Malaysia Azlan Shah Kamaruzaman dari tim BikeART Racing Kawasaki dan pembalap Tanah Air, HA Yudhistira dari tim Manual Tech KYT Kawasaki terlibat insiden.

Insiden berawal saat Azlan mengikuti petunjuk marshal untuk masuk pit melalui shortcut (jalan pintas) di Dunlop Corner T7. Ketika hendak belok, Azlan tak menyangka Yudhis datang dari sebelah kanan. Tabrakan pun terjadi dan kedua pembalap terjatuh. Akibat insiden itu, Azlan mengalami patah pada kaki kanan dan dilarikan ke rumah sakit di Suzuka untuk segera mendapat penanganan. Sementara Yudistira tidak mengalami cedera berarti. Atas insiden ini, Race Director mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan, bahwa kedua pembalap tidak bersalah. “Insiden tabrakan antara Azlan dan Ahmad Yudhistira di tikungan 7 terjadi ketika Azlan mengikuti instruksi (marshal) untuk masuk ke dalam pit melalui jalan pintas. Ahmad Yudhistira tidak mengetahui instruksi itu karena dia tidak melihat marshal memberi tanda untuk masuk ke dalam pit melalui jalan pintas itu. Maka terjadilah insiden antara dua pembalap itu.” Selain itu, Race Director juga mengumumkan bahwa akibat kecelakaan itu, Azlan mengalami patah kaki dan terpaksa tidak dapat mengikuti Race 2 yang diadakan pada hari Minggu (05/06).
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI