Tampilkan di aplikasi

Tips mudik, 10 barang wajib bawa

Tabloid OTO PLUS - Edisi 01/XIV
30 Juni 2016

Tabloid OTO PLUS - Edisi 01/XIV

Pada lebaran 2015 silam, tercatat 11,36 juta pemudik memadati jalanan. Mencermati tingginya angka pemudik tahun kemarin, tahun ini kita harus lebih siap dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik. Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan untuk mudik juga harus semakin cermat. / Foto : Roni

OTO PLUS
Pada lebaran 2015 silam, tercatat 11,36 juta pemudik memadati jalanan. Mencermati tingginya angka pemudik tahun kemarin, tahun ini kita harus lebih siap dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik. Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan untuk mudik juga harus semakin cermat.

“Saya tiap tahun mudiknya jauh, Pacitan – Lampung lewat jalur darat alias nyetir sendiri. Persiapannya harus benar-benar matang, mengingat perjalanannya jauh”, kata Kosim Situmorang, pemilik perkebunan kopi di Lampung yang kerap berkunjung ke tempat asal isteri tercinta di Pacitan nggak hanya untuk berlebaran, tapi juga silaturahmi 3 bulan sekali membawa Blazer kesayangannya.

Pria yang juga anggota Blazer Indonesia Club ini selalu menghindari membawa barang bawaan yang berlebihan karena dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan selama melakukan perjalanan jauh. Selain Kosim, OP juga melakukan survey kecil ke beberapa narasumber lain yang sering berpergian jauh mengendarai mobil, untuk mengorek, barang apa yang wajib dibawa saat bepergian jauh, demi kenyamanan selama perjalanan. Mereka adalah Jack Jacobs, salah satu atlet downhill dan Bayu Hardiansyah, pemilik toko Rumah Sepeda di Palu. Yuk kita simak!

Surat Kendaraan & Kartu Identitas STNK, SIM, KTP jangan dilupakan loh! Ini adalah yang paling penting dibawa ketika akan membawa kendaraan sendiri saat perjalanan jauh. Cek kembali masa berlaku surat-surat kendaraan. Apakah ada yang harus diperpanjang atau bahkan sudah habis masa berlakunya? Atau mungkin perlu surat jalan? Di beberapa daerah biasanya perlu membawa Surat Jalan (Surat Izin Melintas Antar Propinsi) yang dikeluarkan oleh Pihak Kepolisian. Segera diurus yaa. Cashless (Tapi Tetap Bawa Tunai Ya) Transaksi non-tunai atau cashless saat kini mulai dapat digunakan di banyak tempat.
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI