Tampilkan di aplikasi

Moto Guzzi Vanguard V8 Racer 2016 bike & jeans

Tabloid OTO PLUS - Edisi 11/XIV
6 September 2016

Tabloid OTO PLUS - Edisi 11/XIV

Vanguard Clothing, sebuah brand pakaian asal Belanda punya cara yang unik dalam memperkenalkan produk terbaru mereka. / Foto : Vanguard For Otoplus

OTO PLUS
Vanguard Clothing, sebuah brand pakaian asal Belanda punya cara yang unik dalam memperkenalkan produk terbaru mereka. Bersamaan dengan launching The V8 Racer Jeans, mereka menggandeng Moto Guzzi, pabrikan sepeda motor asal Italia dan rumah modifikasi Numbnut Motorcycles membangun motor custom Moto Guzzi Vanguard V8 Racer. “Vanguard mempunyai hubungan yang erat dengan Moto Guzzi, dan kami menggunakan kombinasi desain Italia dengan jiwa kebebasan khas Amerika sebagai sumber inspirasi.” Begitu bunyi press release yang dikirimkan oleh Marlene de Fonkert selaku Vanguard Marketing dan juga Vanguard Moto Guzzi V8 kepada OTOPLUS.

Ya, Vanguard memilih basis mesin V8 Moto Guzzi dalam proyek ini bukan hanya karena kesamaan nama dengan jeans produk terbaru mereka. Tapi juga popularitas mesin-mesin V8 muscle car Amerika yang banyak diidolakan remaja Italia di era 1955 (pasca perang), seperti halnya celana jeans, mesin jukebox dan Coca Cola. Ya, pada kurun waktu itu, kultur Amerika tak hanya mempengaruhi industri otomotif dunia, tapi juga fashion. Dari sinilah proyek Moto Guzzi Vanguard V8 Racer ini dimulai.

Rumah modifikasi Numbnut Motorcycles asal Amsterdam, Belanda dan Gannet Design dari Swiss, serta Vanguard Clothing sebagai sponsor utama sepakat untuk membawa kembali The Otto (Ottocilindri – 8 silinder), motor bermesin V8 racikan Giulio Cesare Carcano yang dipersiapkan untuk tim balap Moto Guzzi Grand Prix di musim balap 1955 – 1957. Donor bike yang dipakai dalam proyek ini adalah Moto Guzzi California ‘Eldorado’ 1400cc. Meski proporsinya berbeda jika dibandingkan dengan Guzzi V8 yang sebenarnya, tapi paling tidak kolaborasi ini berhasil membuat konsep motor yang outstanding untuk Vanguard V8 Racer Jeans. The Otto: Mesin Penghasil Janda The Otto adalah sepeda motor bermesin V8 dengan kapasitas 500 cc, berpendingin udara dan dilengkapi dual overhead cams (DOHC).
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI