Tampilkan di aplikasi

Formula kompon sampai serat

Tabloid OTO PLUS - Edisi 30/XIV
26 Januari 2017

Tabloid OTO PLUS - Edisi 30/XIV

Sebagai perangkat yang langsung bersinggungan dengan aspal, peran ban ikut mempengaruhi performa motor. Ban yang baik akan menapak dan menggelinding dengan lancar sehingga performa mesin bisa tersalur maksimal di lari motor. Pabrikan ban terus melakukan riset untuk mendapat performa ban maksimal. Pengembangan di ban balap maupun ban untuk harian.

OTO PLUS
Tire PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), pabrikan ban FDR ternyata tak hanya memikirkan soal ban yang lengket ke jalan. Mereka juga meriset ban agar bisa mengirit konsumsi bahan bakar. FDR menyebutnya teknologi eco smart tire.

Kunci teknologi ini ada pada LRR yang singkatan Low Rolling Resistance. “Dengan teknologi ini ban membuat resistance atau gaya gesek ke aspal lebih rendah,” buka Jimmy Handoyo dari Technical Service & Development Department Head PT SRI.

Praktisnya, ban akan menggelinding lebih jauh sehingga bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar. Dan hasil pengujian FDR menunjukkan teknologi ini bisa menghemat BBM hingga 7,1%.

Untuk mencapai ini, ban Eco Smart Tire (EST) menggunakan material kompon yang berbeda dibanding ban reguler. “Bahan yang beda ini mampu memberikan koefisien gaya gesek yang lebih minim.” Namun daya cengkram ban ke aspal tetap bagus, “Hasil pengujian menunjukkan ban EST tetap memiliki daya cengkeram yang baik. Bahkan jarak pengereman bisa lebih pendek 2% dibanding ban regular,” ungkap Jimmy yang menyebut ban FDR berteknologi EST ini sementara ada di tipe Facio.
Tabloid OTO PLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI