Tampilkan di aplikasi

Urgensi digitalisasi untuk koperasi

Majalah Peluang - Edisi 84
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 84

Proses adaptasi koperasi dengan perkembangan IT akan memperluas ruang geraknya yang selama ini belum memiliki jaringan konektivitas seluas perbankan.

Peluang
Implementasi teknologi digital menjadi kebutuhan yang mendesak di koperasi. Tanpanya, ruang gerak koperasi menjadi terbatas dengan hanya mengandalkan anggota atau mitra eksisting.

Pernyataan diatas merupakan sepenggal ungkapan Presiden Joko Widodo pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-69 Tahun 2016, di Jambi pertengahan tahun silam. Proses adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi (IT) terutama digital mutlak dilakukan koperasi jika tidak ingin terlindas perubahan zaman.

Pada praktiknya, digitalisasi membuat proses bisnis lebih menjadi lebih efisien dan meningkatkan daya saing. Ambil contoh, di industri perbankan yang dalam lima tahun terakhir berlomba-lomba menginvestasikan modalnya untuk memperkuat pelayanan digital.

Bahkan, kini digitalisasi bukan lagi sebagai cost center, tetapi sudah menjadi bagian dari profit center. Dengan teknologi yang mumpuni, perbankan bisa meningkatkan fee based income dan tidak lagi terlalu bergantung pada pendapatan bunga kredit. Terlebih dengan tren less cash society, nantinya seluruh aktivitas akan terintegrasi dengan layanan berbasis teknologi digital.

Menyadari pentingnya teknologi digital bagi pertumbuhan koperasi, Kementerian Koperasi dan UKM mendorong penerapan teknologi finansial (fintech) di koperasi. Tujuannya agar dapat memudahkan anggota untuk bertransaksi sekaligus menggenjot daya saing.

“Masyarakat lebih leluasa menyimpan uangnya di bank karena faktor kemudahan dalam bertransaksi dengan dukungan IT,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Braman Setyo pada acara penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Finnet Indonesia tentang solusi fintech untuk peningkatan bisnis koperasi beberapa waktu lalu.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI