Tampilkan di aplikasi

Masyarakat Koperasi AS Menunggu Kebijakan Baru Donald Trump

Majalah Peluang - Edisi 82
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 82

“Setahu saya dia tidak memiliki posisi di koperasi.

Peluang
What will Donald Trump do for Co-operatives? Pertanyaan itu adalah judul artikel yang ditulis AncaVoinea, penulis masalah politik internasional dan juga berita olahraga. Tulisan yang muncul dalam Co-operative News, situs berita koperasi yang terbit di Inggris ini, menarik diulas lantaran kontribusi koperasi sangat signifikan terhadap perekonomian akar rumput di negeri paman sam itu.

Kemenangan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke 45 memang di luar dugaan. Pengusaha kontroversial yang omongannya sangat rasis dan polling suara selalu tercecer di belakang rival utamanya, Hillary Clinton, justru mampu membalik keadaan.

Sebagai konsekuensi dari demokrasi, kini mau tidak mau, rakyat AS harus menerima Trump sebagai kepala negara mereka yang baru, dan dilantik pada 20 Januari 2017 ini. Banyak pihak meragukan apakah Trump bakal mampu membawa AS yang damai dan makmur dalam lima tahun ke depan? Tak terkecuali gerakan koperasi yang pertumbuhannya belakangan kian massif merambah berbagai sektor usaha.

Di masa kampanyenya, di bulan Februari 2016, Trump pernah umbar janji di negara bagian Carolina Selatan. Kala itu ia berbicara di tengah masyarakat koperasi listrik (Broad River Co-operative) dan menyatakan dukungan untuk membantu energi pedesaan. Ia menyoroti arti penting listrik yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Kendati tidak menyatakan solusi yang jelas, tapi berjanji untuk mencabut sejumlah aturan yang merugikan koperasi listrik di negeri itu.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI