Tampilkan di aplikasi

Bappenas apresiasi, koperasi penggerak pembangunan

Majalah Peluang - Edisi 89
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 89

Ajang apresiasi bagi Koperasi Penggerak Pembangunan ini adalah yang pertama kali digelar oleh Bappenas.

Peluang
Kontribusi koperasi terhadap PDB baru sebesar empat persen. Oleh karenanya, Bappenas mendorong perluasan usaha koperasi melalui ajang anugerah Koperasi Penggerak Pembangunan 2017 untuk pertama kali. Rencananya, kegiatan ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun.

PEMERINTAH melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menginginkan agar koperasi dapat berkiprah lebih jauh dalam mendukung pembangunan. Selain aktivitas simpan pinjam yang selama ini banyak digeluti koperasi, Bappenas mendorong sokoguru perekonomian ini dapat bermain di sektor lain seperti pariwisata dan infrastruktur.

Dengan area usaha yang lebih luas, niscaya kontribusi terhadap perekonomian akan lebih besar daripada saat ini. Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN /Kepala Bappenas mengungkapkan, seharusnya koperasi dapat masuk ke semua sektor usaha sehingga mampu berkontribusi lebih optimal dalam pembangunan.

“Itulah kenapa saya punya ide untuk membawa koperasi dalam tataran ekonomi yang lebih luas. Selama ini kan simpan pinjam dan distribusi, padahal kan seperti kisah sukses di Eropa, koperasi bisa masuk ke semua sektor usaha,” ujar Bambang dalam sambutan penganugerahan Koperasi Penggerak Pembangunan Tahun 2017 di Jakarta.

Bappenas mendorong koperasi sebagai penggerak pembangunan yang berdaya saing dan berkelanjutan. Upaya tersebut dilakukan melalui peningkatan kontribusi ekspor koperasi, partisipasi koperasi dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan peran koperasi dalam layanan keuangan, pengembangan pariwisata nasional, rantai produksi global, serta peningkatan sinergi koperasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa).
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI