Tampilkan di aplikasi

Kospin Jasa, koperasi tiga etnis memburu aset Rp9 triliun

Majalah Peluang - Edisi 88
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 88

Aset Kospin Jasa tumbuh 20% menjadi Rp7 triliun.

Peluang
Peningkatan kualitas SDM, perluasan jaringan kantor, dan pengembangan kerja sama dengan pihak lain menjadi kunci pencapaian usaha sepanjang 2016. Aset Kospin Jasa tumbuh 20% menjadi Rp7 triliun.

PERLAMBATAN ekonomi sepanjang 2016 tidak membuat laju usaha Kospin Jasa mandeg. Kinerja koperasi pertama penyalur KUR ini terus melaju berkat inovasi layanan yang dilakukan. Selain itu, Pengurus juga mengembangkan kualitas SDM dan infrastruktur teknologi informasi (IT).

Sektor UMKM yang menjadi fokus pembiayaan koperasi tetap bergeliat di tengah tekanan ekonomi. Koperasi menjadi salah satu sumber pembiayaan yang diandalkan karena layanannya yang mudah dan cepat. Hal ini sesuai dengan karakteristik yang dimiliki pelaku usaha di tingkat akar rumput ini.

Dengan perkembangan IT, kini anggota tidak harus datang ke kantor pelayanan untuk menunaikan kewajibannya. Sebab, ada petugas yang mendatangi mereka sehingga anggota tetap dapat menjalankan usahanya. Sistem jemput bola yang telah dipraktikkan di beberapa koperasi ini dapat meningkatkan daya saing lembaga soko guru perekonomian.

Selain memacu kualitas layanan, Koperasi yang berkantor di kota Pekalongan ini juga intensif memperluas jaringan kerja sama dengan pihak lain. Seperti yang belum lama dilakukan dengan menggandeng Bank BPD Jateng untuk bekerja sama dalam manajemen operasional berupa kemudahan transaksi keuangan. Dengan begitu, layanan keuangan koperasi setara dengan lembaga perbankan.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI