Tampilkan di aplikasi

Anjangsana di Oase kerohanian

Majalah Peluang - Edisi 88
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 88

Paket kubah emas ini dilengkapi dengan Masjid Lautze, yang bercorak khas Cina.

Peluang
Satu dari 7 atau 8 masjid berkubah emas di dunia ada di Depok, perbatasan Jakarta. Masjid Dian Al-Mahri namanya. Disebut-sebut termegah di Asia Tenggara. Rumah ibadah ini berdaya tampung 20 ribu jemaah taklim. Paket kubah emas ini dilengkapi dengan Masjid Lautze, yang bercorak khas Cina.

DUA HAL menarik dikemukakan Wapres Jusuf Kalla. Pertama, di dunia hanya ada dua negara yang masjidnya dikelola masyarakat, yakni Indonesia dan Pakistan. “Di Saudi, Kuwait, Iran, semua masjid dibangun atau diatur pemerintah”. Kedua, jumlah masjid di Indonesia ratusan ribu.

Wapres menyampaikan hal itu di akhir kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud (1-12 Maret 2017). “Terkejut dia. Dia kira 8.000. Tapi 800.000”. Pada sisi lain, gereja-gereja juga tumbuh dengan pesat. Laporan Christian Broadcasting Network (CBN) tahun 2012 menyebut, pertumbuhan gereja di Indonesia sebagai hal paling ‘fenomenal’.

Angkanya, menurut pastor Billy Njotorahardjo, dari 400 menjadi lebih dari 6 ribu orang dalam tempo empat tahun. Di lajur wisata religi, masjid menjadi alternatif yang lebih terjangkau ketimbang berkunjung ke Tanah Suci, misalnya. Jika dicermati, hampir semua masjid kenamaan memiliki keunikan.

Baik secara arsitekturial, maupun sejarahnya. Ada masjid merah, misalnya. Ada masjid yang menjorok ke laut. Tapi masjid berkubah emas? Jumlahnya bisa dihitung jari. Salah satunya ada di sekitar Ibu Kota.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI