Tampilkan di aplikasi

Sederet alternatif industri kreatif

Majalah Peluang - Edisi 88
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 88

Di antaranya usaha kuliner, aksesoris, cetak sablon, bordir.

Peluang
Ini kegiatan ekonomi dengan pola pemikir cost kecil tapi pangsa pasarnya luas. Di antaranya usaha kuliner, aksesoris, cetak sablon, bordir. Termasuk usaha dagang bala-bala, bakso, comro, gehu, batagor, bajigur dan ketoprak.

INDUSTRI kreatif terkait dengan kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa) atau juga Ekonomi Kreatif.

Ke dalam Ekonomi Kreatif, menurut Howkins, tercakup periklanan, arsitektur, seni, kerajinan. desain, fashion, film, musik, seni pertunjukan, penerbitan, penelitian dan pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, dan permainan video. Memang ada definisi lain. Namun, penjelasan Howkins lebih memadai. Pemetaan industri kreatif versi Departemen Perdagangan Republik Indonesia mencakup subsektor berikut:

1. Periklanan: jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan.

2. Arsitektur: jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior).

3. Pasar Barang Seni: perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi.

4. Kerajinan: kreasi, produksi dan distribusi produk yang dihasilkan oleh tenaga perajin. Meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam/buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI