Tampilkan di aplikasi

5 hobi yang mencerdaskan

Majalah Peluang - Edisi 90
26 Maret 2018

Majalah Peluang - Edisi 90

BERAGAM kegiatan positif dan hobi dapat mengembangkan kemampuan otak. Hobi yang menyenangkan juga dapat berpengaruh dan mengasah kecerdasan.

Peluang
BERAGAM kegiatan positif dan hobi dapat mengembangkan kemampuan otak. Hobi yang menyenangkan juga dapat berpengaruh dan mengasah kecerdasan. Berikut 5 hobi yang membantu membuat otak Anda lebih pintar seperti dikutip dari situs Lifehack.

1. Bermain alat musik. “Musik menghasilkan jenis kenikmatan yang membuat manusia tidak bisa hidup tanpanya,” kata Confusius. Musik memiliki kekuatan menggali emosi yang kompleks dalam berbagai keadaan psikologis. Berbagai peneliti menunjukkan, mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori.

Memainkan alat musik juga mengajarkan Anda kesabaran dan ketekunan. Belajar memainkan alat musik butuh waktu dan keteunan. Hal ini juga akan mempertajam konsentrasi Anda.

2. Menuliskan perasaan Anda. Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari menulis, tak kecuali meningkatkan kecerdasan. Menulis meningkatkan kemampuan linguistik, di samping membantu Anda mengembangkan keterampilan, fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman.

Penulis sering dianggap sebagai orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda. Saat menulis sebenarnya Anda belajar mengekspresikan diri dengan jelas sambil meningkatkan kecerdasan Anda.

3. Perjalanan ke tempat-tempat baru. Perjalanan ke tempat asing dapat melatih fisik, mental, dan menghilangkan stres. Ketika pikiran segar kembali usai melakukan perjalanan, Anda lebih bisa fokus pada segala hal yang harus Anda urus dan selesaikan. Perjalanan ke tempat asing memungkinkan Anda akan mengalami beragam pengalaman baru dan berharga. Dari situ, berbagai ide baru pun akan bermunculan.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI