Tampilkan di aplikasi

PT Astra International Tbk, alokasikan 1 juta lembar saham untuk Kopkar

Majalah Peluang - Edisi 97
6 April 2018

Majalah Peluang - Edisi 97

PT Astra International Tbk (ASII) merupakan salah satu grup konglomerasi terbesar di Indonesia.

Peluang
PT Astra International Tbk (ASII) merupakan salah satu grup konglomerasi terbesar di Indonesia. Lini usaha grup cukup beragam antara lain perkebunan, otomotif, alat berat dan pertambangan, finansial, hingga properti.

Kinerja ASII cukup kinclong dimana sampai kuartal III 2017, mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 26% menjadi Rp14,18 triliun dari sebelumnya Rp11,28 triliun pada periode yang sama tahun 2016. Pendapatan tumbuh 14% menjadi Rp150,22 triliun dari Rp132,29 triliun di periode yang sama tahun 2016 yang ditopang oleh lini bisnis utama yaitu otomotif.

Sebagai perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar, ASII memberi perhatian besar pada perkembangan koperasi karyawan yaitu Koperasi Astra. Koperasi yang didirikan pada 25 Juni 1990 ini bahkan mendapat alokasi pembelian saham dari PT Astra International sebanyak 1 juta lembar saham.

Koperasi Astra pun terus membangun sinergi dengan grup Astra. Selain PT Astra International Tbk menawarkan pinjaman maupun simpanan dengan bunga lebih menguntungkan dibanding perbankan, Koperasi Astra juga menawarkan kredit perumahan, kendaraan, modal usaha, perjalanan ibadah, pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak anggota

Selain itu, Koperasi ini memiliki fasilitas penunjang seperti kartu anggota dengan benefit diskon belanja di sejumlah merchant diharapkan jadi salah satu pendorong bertambahnya jumlah anggota koperasi.

Sejumlah merchant yang sudah bekerjasama dengan KAI antara lain Mobil 88, Shop & Drive, Sepatu Bata, Bengkel Astra Isuzu, Rumah Makan Trisulo dan Primagama. Koperasi Astra juga membangun kerja sama dengan koperasi unit (Kopnit) Kelompok Astra yang jumlahnya mencapai 57 Kopnit. Kerja sama itu diwujudkan dalam bentuk penyediaan pinjaman modal kerja, program Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian, KAI Award, dan Forum Komunikasi.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI