Tampilkan di aplikasi

RAT ke-50 kospin jasa tekan ekspansi di tahun politik

Majalah Peluang - Edisi 168
7 Maret 2024

Majalah Peluang - Edisi 168

Memasuki usia ke 50, Koperasi Simpan Pinjam Jasa tetap kokoh sebagai pemuncak koperasi terbesar di Indonesia. Bagaimana kiatnya menghadapi ketidakpastian ekonomi global dan tahun politik yang cenderung memanas.

Peluang
Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa menyiapkan langkah moderat dalam mematok target usaha di tahun 2024. Langkah tersebut guna menyikapi dua tantangan yang dinilai sulit, yaitu ketidakpastian ekonomi global dan iklim politik yang cenderung masih panas seusai kontestasi Pilpres dan Pemilu.

Ketua Umum Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa Andy Arslan Djunaid menyampaikan hal itu dalam Seremonial Pembukaan Rapat Anggota Tahunan ke 50 Tahun Buku 2023 Kospin Jasa yang berlansung Sabtu (2/3/2024) di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah.

Dia menengarai, dalam situasi tahun sulit tersebut banyak kalangan pengusaha dan juga anggota Kospin Jasa yang cenderung wait and see dan mengurangi volume usahanya.

Lantaran itu, dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Biaya tahun 2024, koperasi yang berkantor pusat di Pekalongan Jawa Tengah ini mengambil langkah bersifat moderat tanpa mencantumkan prediksi pertumbuhan yang terlalu tinggi.

Perkembangan usaha Kospin Jasa sepanjang 2023, kata Andy belum sepenuhnya mencapai target diharapkan. Ini lantaran adanya pemisahan (spin off ) usaha berbasis syariah. “Spin off ini banyak menyita waktu dan pikiran karena kami harus menyiapkan berbagai persyaratan dan perizinan yang diperlukan, sehingga mengganggu realisasi rencana kerja dan anggaran,” ujarnya.
Majalah Peluang di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI