Tampilkan di aplikasi

Tanker pencemar minyak Brasil terungkap

Majalah Portonews - Edisi 12/2019
9 Desember 2019

Majalah Portonews - Edisi 12/2019

Tumpahan minyak yang terjadi pada 30 Agustus 2019 ini mencemari 675 lokasi yang tersebar di 116 kotamadya di Brasil.

Portonews
Biang keladi tumpahan minyak misterius di Brasil akhirnya terungkap. Pada 21 November 2019 lalu, ahli dari Universits Federal di Alagoas melaporkan kepada Kongres bahwa kapal yang diduga menumpahkan minyak tersebut adalah Voyager I.

Saat berita ini dibuat, tanker tersebut berada di lepas pantai Brasil. Ketika tumpahan minyak terjadi, kapal itu mematikan transpondernya. Satelit mendeteksi dua genangan minyak yang disimpulkan berasal dari Voyager I.

Namun ada juga ahli yang membela Voyager I. Mereka mengatakan jejak transponder memperlihatkan tanker ini berada dekat India ketika tumpahan minyak terjadi pada Juli 2019 lalu. perwakilan Voyager I juga memperlihatkan bukti bahwa kapal tersebut berada di wilayah India ketika tumpahan minyak terjadi.

Lebih dari 100 kapal berlayar melewati laut di ujung timur Brasil antara 19 dan 24 Juli 2019. Perdebatan siapa yang harus bertanggung jawab atas tumpahan minyak ini tampaknya akan berlanjut hingga ada bukti yang tidak terbantahkan.

Tumpahan minyak dalam jumlah besar terlihat di pesisir timur laut Brasil pertama kali pada 30 Agustus 2019. Hingga kini, minyak itu mencemari 675 lokasi yang tersebar di 116 kotamadya di Brasil. Para ahli memperkirakan polutan tersebut dapat terbawa arus ke arah selatan hingga masuk wilayah negara.
Majalah Portonews di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI