Tampilkan di aplikasi

Kualifikasi karton boks

Majalah Print Media - Edisi 81
17 April 2018

Majalah Print Media - Edisi 81

Sekitar 75% kantor boks yang diproduksi seluruh dunia menggunakan kandungan bahan baku daur ulang antara 70-100%.

Print Media
Kantor boks adalah salah satu kemasan berbahan baku kertas yang menggunakan bahan baku dengan kandungan daur ulang paling tinggi dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya. Sekitar 75% kantor boks yang diproduksi seluruh dunia menggunakan kandungan bahan baku daur ulang antara 70-100%.

Kondisi resesi ekonomi saat ini yang terjadi di Eropa dan Amerika menyebabkan penurunan daya beli masyarakat di kedua benua tersebut sehingga peredaran produk ekonomi yang menggunakan karton boks secara kuatiti juga berkurang yang berakibat bahan baku daur ulang untuk memproduksi kertas karton menjadi berkurang secara signifikan.

Berdasarkan data asosiasi kemasan karton di Eropa menunjukan bahwa kualitas bahan baku untuk memproduksi karton boks di Eropa sudah sama dengan kualitas bahan baku di Asia, hal ini disebabkan karena membanjirnya kertas saat ini dengan menggunakan bahan baku daur ulang sudah membuktikan untuk mendapatkan kualitas kertas kemasan dengan bahan baku yang berasal dari tumbuhan.

Hal ini terus dikembangkan agar produk kertas industri tidak lagi menjadi salah satu sumber dari pengrusakan hutan yang sudah dimulai dari beberapa dasawarsa yang lalu.

Kemasan karton mempunyai fungsi utama melindungi produk selama proses penyimpanan dan transportasinya, mempermudah proses handling dan perhitungan jumlah isi berat produk sesuai dengan tujuan utama dari penggunaan kemasan.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI