Tampilkan di aplikasi

Berkomunikasi visual dengan media fotografi

Majalah Print Media - Edisi 75
18 April 2018

Majalah Print Media - Edisi 75

Dahulu foto dipandang sangat penting dan "mahal", karena momen-momen yang terekam dalam foto-foto tersebut bernilai sejarah yang abadi.

Print Media
Dahulu foto dipandang sangat penting dan "mahal", karena momen-momen yang terekam dalam foto-foto tersebut bernilai sejarah yang abadi. Pada jaman dahulu fotografi merupakan ilmu yang hanya dapat dikerjakan oleh orang-orang tertentu yang memiliki kompetensi di bisang tersebut.

Namun, perkembangan teknologi yang sangat pesat, menjadikan teknologi fotografi semakin mudah dioperasikan oleh semua kalangan. Bahkan, penggunaan teknologi kaera konvensional untuk keperluan fotografi sudah beralih ke kamera digital.

Teknologi kamera digital yang praktis membuat pengguna tidak kehilangan momen-momen yang tepat karena keterbatasan jumlah frame. Selain itu, teknologi kamera saku digital dan smarthphone yang tersedia saat ini dapat menghasilkan foto sebagus hasil jepretan fotografer profesional.

Di sisi lain, marraknya media internet dengan berbagai macam variasi, menimbulkan satu hal yang fenomenal, yaitu media sosial yang bisa mengakomodasi foto sebagai media, berita, dokumentasi, bisnis, hingga bahan perbincangan interaksi online.

Kehadiran media sosial lebih dari sekedar pemenuhan kebutuhan informasi, juga digunakan sebagai sarana hiburan atau pengisi waktu luang. Menurut Baudrillard, fungsi utama objek-objek konsumer bukanlah pada kegunaan atau manfaatnya, melainkan lebih pada fungsi sebagai nilai-tanda atau nilai-simbol yang disebarluaskan melalui iklan-iklan gaya hidup berbagai media.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI