Tampilkan di aplikasi

Industri 4.0 terhadap perkembangan printing dan fotografi

Majalah Print Media - Edisi 87
4 April 2019

Majalah Print Media - Edisi 87

Di era industri 4.0 yang serba digital saat ini justru memberi kemudahan dalam industri percetakan dan printing.

Print Media
Akhir-akhir ini banyak yang membahas tentang revolusi industri yang sudah memasuki era 4.0, ketika teknologi komputer dan digitalisasi mulai menjadi bagian dalam segala aktivitas manusia. Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan munculnya superkomputer atau robot pintar yang diterapkan pada kehidupan sehari- hari manusia, dimana memungkinkan berbagai manufaktur terhubung secara digital, misalnya 3D printing, robotik, serta beragam jenis teknologi baru yang berhubungan dengan era digital.

Sekelumit sejarah tentang perkembangan teknologi yang mengubah dunia, diawali revolusi generasi pertama (Industri 1.0) ketika tenaga manusia dan hewan digantikan oleh mesin. Salah satunya adalah kemunculan mesin uap pada abad ke-18. Revolusi ini berhasil perekonomian perekonomian secara dramatis selama dua abad, dan setelah Revolusi Industri terjadi peningkatan rata-rata pendapatan perkapita negara-negara di dunia menjadi enam kali lipat.

Berikutnya, revolusi industri generasi kedua ditandai dengan ditemukannya pembangkit tenaga listrik dan motor. Penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan sebagainya.

Kemudian disusul revolusi industri generasi ketiga ditandai dengan digital dan internet. Pada revolusi industri generasi keempat hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan- perusahaan besar. Sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri ini telah membuat perusahaan- perusahaan raksasa berguguran.
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI