Tampilkan di aplikasi

Konsep konversi warna pada fotografi

Majalah Print Media - Edisi 89
12 Juli 2019

Majalah Print Media - Edisi 89

Mata melihat warna / Foto : www.photography.tutsplus.com

Print Media
Dunia semakin berwarna karena perkembangan teknologi, dari alat perekam, media cetak, hingga media elektronik. Perkembangan tersebut membuat perangkat fotografi hampir semuanya berwarna, dengan kondisi tersebut akan membuat dunia fotografi lebih banyak menghadirkan karya foto berwarna daripada hitam putih, walaupun karya foto hitam putih tetap memiliki penggemar dan penikmat yang pasti selalu ada.

Fotografi warna memiliki banyak aspek untuk dieksplorasi dan dikembangkan baik dari segi karya maupun dari media penyajiannya. Fotografer dapat memanfaatkan dan mengembangkan warna dalam ide karya foto yang dibuatnya, baik dengan mengatur komposisi atau memanfaatkan warna dalam objek spektrum cahaya maupun tinta cetak untuk meningkatkan kualitas karya foto yang akan dihasilkan.

Pemahaman warna dari segi spektrum cahaya, serta penerapan warna dalam karya fotografi akan memberi pengaruh dan dapat membangun suatu kesan dalam karya foto. Warna dalam sebuah karya fotografi sangatlah berpengaruh terutama dalam kondisi umum bahwa masyarakat sekarang lebih terbiasa dengan fotografi berwarna dibandingkan dengan saat jaman teknologi fotografi masih memakai film hitam putih. Dengan keberadaan aspek warna, sebuah karya fotografi bisa memiliki suatu nilai yang utama dan menonjol dibanding aspek lainnya dalam foto tersebut, karena warna merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Pada artikel kali ini mencoba menjelaskan berbagai konsep warna, dan bagaimana memahami warna. Tujuannya untuk mengurangi kesalahpahaman di lapangan tentang “perbedaan warna” yang terjadi, karena fotografi melibatkan banyak hal, tidak hanya kamera, tapi peralatan dan media yang bermacam-macam. Dan yang paling penting adalah faktor pemahaman dari manusianya (fotografer dan penikmat foto).
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI