Tampilkan di aplikasi

Melirik teknologi cetak label flexo dengan digital inkjet UV

Majalah Print Media - Edisi 91
6 November 2019

Majalah Print Media - Edisi 91

Cetak label Flexo dengan digital inkjet UV

Print Media
Cetak Flexo atau lebih lengkapnya flexography, adalah salah satu proses cetak konvensional yang pada dasarnya adalah teknik cetak tinggi. Dan beberapa decade sebelumnya sering diaplikasikan untuk mencetak “low quality”, Seperti corrugated carton, tetapi dengan berkembangnya teknologi pembuatan dan material platenya, berkembang seperti saat ini, sehingga kualitas hasil cetaknya sudah baik dan bisa disejajarkan dengan cetak offset yang lebih berkembang.

Sejarah teknik cetak ada 3 proses, yaitu cetak tinggi, cetak datar dan cetak dalam dan ditambah cetak khusus. Cetak tinggi adalah bagian yang mencetak (huruf) lebih tinggi dari bagian yang tidak mencetak yang secara umum orang menyebutnya letterpress, dimana proses kerjanya adalah mekanik; dan cetak datar, dimana bagian yang mencetak dan yang tidak mencetak sama tinggi permukaannya dan pada umumnya disebut cetak offset, dan prosesnya secara kimia; sedangkan cetak dalam adalah bagian yang mencetak (huruf) lebih rendah daripada bagian yang tidak mencetak. Sedangkan cetak khusus adalah teknik cetak yang tidak bisa dikategorikan kedalam ketiga teknik cetak yang telah disebutkan diatas.

Adapun yang membedakan dengan letterpress adalah adanya roll anilox dalam unit penintaannya, sehingga jumlah roll tinta tidak sebanyak letterpress. Dengan tujuan proses perjalanan tinta dari bak tinta ke permukaan plate akan lebih pendek dan stabil, dan juga tidak adanya penyetelan “ink zone” di bak tintanya. Untuk cetak flexo, Seperti teknik cetak lainnya
Majalah Print Media di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI